Tuesday, July 12, 2011

sudah 7 minggu...

yup. makhluk mungil sudah dititipkan Tuhan di rahimku untuk kujaga... :)
terkadang masih nggak percaya... jika Tuhan mengijinkan, 7 bulan lagi kami akan jadi orang tua. wawww.... dari awal memang sebenarnya kami nggak berencana cepet punya momongan, tapi juga nggak menunda. klo dikasih ya syukur, klo belum ya buat jalan² dulu hwehehe...
cuti kemarin sempet berencana mau ke lombok, tapi batal karena ada nikahan tetangga. ke lombok maksudnya sih mau kejar target :D secara masih banyak tempat yang belum dikunjungi, sementara klo udah ada baby kan ga mungkin jalan² sampai the baby gede dan bisa diajak jalan² hohoho... pengen ke lombok, raja ampat, trans studio, green canyon sebelum aku hamil. tapi ternyata Tuhan berkehendak lain, pulang cuti kemarin aku positif hamil, jadi ya jalan²nya nanti, klo dede nya udah bisa di ajak jalan² sajah...

bermula dari si bulan yang nggak dateng², minggu kedua telat, aku TP dan hasilnya dua garis. sempet ga yakin, hari berikutnya TP lagi pakai merk yang waktu aku telat seminggu hasilnya masih 1 garis, ternyata hasilnya dua garis juga....
masih belum yakin sih klo belum diiya'in sama dokter, tapi waktu ke dokter umum nggak diapa²in, cuman disuruh tes darah sama urine !-_- jadi musti nunggu lagi sampai hasil lab nya kelar. kemarin sekalian minta tes TORCH, karena aku belum sempet tes sebelumnya. sempet takut juga klo hasilnya nggak clear, tapi untungnya semua normal, dan emang positif ^.^

tentang tes TORCH (tokso, rubela, cytomegalovirus, herpes) ternyata sangat penting sebelum kita merencanakan kehamilan. klo seorang bumil terkena tokso, efeknya bukan ke ibu. jadi nggak kelihatan secara fisik, tapi ke perkembangan janin. ada beberapa kasus di daerahku yang ternyata ibunya kena tokso. ada yang perkembangan jantung bayinya nggak sempurna, jadi musti dioperasi. ada juga yang fisiknya sempurna, tapi daya tangkapnya kurang, jadi nggak berkembang normal.
dan tokso, nggak melulu berasal dari bulu kucing saja, tapi bisa juga dari daging yang kurang matang masaknya, atau buah/ sayur mentah yang kurang bersih nyucinya. untuk buah dan sayur, virus didapat dari kotoran hewan yang digunakan sebagai pupuk organik. hmmm... dunia ini semakin aneh saja ragam penyakit dan sumbernya.
terus suntik tetanus yang diwajibkan di beberapa daerah buat calon penganten wanita, ternyata sangat bermanfaat juga ke persiapan kehamilan, karena bayi pada waktu dilahirkan ke dunia juga membutuhkan imun tetanus. jadi biar bayi tidak terkena tetanus sewaktu dipotong plasenta atau terkontaminasi kotoran dari sang ibu sewaktu dilahirkan ke dunia. suntik tetanus juga disarankan pada usia kehamilan tertentu, tapi untuk informasi ini, aku kurang paham. nanti saja nanya waktu ketemu bidan apa obgyn lagi hehehe.

karena nggak ada obgyn yang stay di tembagapura, hanya kadang² saja visit ke site, biasanya periksa rutin kandungan dilakukan oleh bidan. tapi kemarin kebetulan ada visit obgyn, jadi pertama periksa, aku sama obgyn. semua normal. nggak dikasih obat, karena sebelumnya sama dokter umum udah dikasih folid acid sama mediamer untuk mualku. yang mediamer nggak aku makan, karena aku nggak suka obat :D dan memang mualnya nggak parah. herannya, kok nggak dikasih penguat janin ya? tapi memang sampai saat ini nggak ada keluhan sih, selain perut sering nyeri² klo lagi laper ;p
waktu usg 12 juli kemarin, usia 7minggu, bakal ari nya udah kelihatan, denyut jantung juga udah nampak. hmmm.... it's amazing... ada makhluk mungil tumbuh di perutkuuu...!!!

sindrom hamil muda sudah mulai kualami. mulai dari pusing², males ngapa²in, mual, jadi sensi, hidung lebih peka, masuk angin sepanjang hari, tapi untungnya masih doyan makan dan ga muntah.
jarang berasa laper, cuman klo kurang makan mesti mual, jadi sama aja perut musti diisi 1 jam sekali.

untuk masalah mual, berhubung dulu pernah maag parah, dimana aku mual ngeliat semua menu makanan (padahal baru gambarnya doank... parah!!), yang bisa dimakan cuman yang seger² macam es buah, jus dsb... sekarang mual² bukan hal baru lagi buatku. pokoknya sekarang yang penting makan dan makan. dimana ada aku, disana ada makanan :D

sudah mulai bosan dengan menu mess yang lebih sering nggak karu²an, untungnya beberapa hari ini ada unplanned vacation, jadi bisa bikin acara masak bersama di rumah temen. so... sedikit tertolong deh :D

klo lagi laper sering kepikiran pengen ini, pengen itu, sampai aku bikin list yang musti 'dimakan' cuti besok. padahal cuti masih 2bulan lagi huhuhu... pengen lotek, bebek goreng pak slamet, mie kadin, mpek² ny kamto, bakso pk, mie ayam, ikan goreng garing, soto utara galeri, soto pak sholeh, soto kadipiro, gudeg yu djum, cap jaek, cap cay... hmmmmmm apa lagi ya? buanyakkk... :D
can't wait to eat them all!!!!

btw tentang mie ayam, aku pengen mie ayam gerobak yang muter ke kampung² itu... nggak tau kenapa, aroma dan rasanya beda aja... lebih gimana gitu... :D
cuti kemarin sempet makan mie ayam di depan samsat sleman, tapi nggak seperti bayanganku euy... hmmm jadi laper...
makan..makan.... :D

2 comments:

rumput dan ilalang said...

kunjungan perdana sob, salam kenal dari Jogja

duweek said...

salam kenal juga sob... terimakasih sudah berkunjung...
salam juga buat Jogja :)