Monday, December 19, 2011

mommy to be: 30th week

periksa minggu kemarin usia si kecil dimundurin 2 minggu, berdasarkan ukuran janin. jadi yang kepake usia menurut perhitunganku, yaitu minggu ini masuk 30 minggu, dengan HPL 29 februari. mau lahir di tanggal istimewa itu atau maju/ mundur sayang? :)
berat 1300gram, kepala di bawah, dan plasenta tidak menutup jalan lahir, dan.... it's a baby girl!!! yaayy!!! bisa didandanin xixixi...

cowok cewek sama saja. klo cowok, ngirit, gak perlu pernik² macem² :D terus ntar gede bisa jagain adek²nya, tapi si kecil ini juga sudah terdidik tangguh semenjak di kandungan. nggak rewel ngikut maminya nguli di gunung selama 7 bulan, bolak balik jogja - timika, dan naik turun jalan yang nggronjal² klo orang jawa bilang. prihatin pas masa² terakhir di site, dimana maminya ikut kerja shift, terus jalan longsor jadi tiap hari musti jalan muter lewat underground. tapi dedek tetep sehat dan nggak rewel :)
so, ntar pasti bisa juga jagain adek²nya ya nduk... :)

adek udah makin gede (baca: perutku makin gede :D), masih aktif gerak², hampir tiap saat malah. anteng paling cuman klo siang jam 12 an. selain itu, pasti ada gerakan² kecil di dalam sana. tonjolan² bagian tubuh yang keras makin sering kerasa. entah itu siku, lutut, punggung atau kepala. kalau lagi nonjol, terus dielus, pasti nggak lama kemudian menghilang. begitu juga klo perut kenceng², dielus, nggak berapa lama kemudian langsung melunak.

akhir² ini perut sering kenceng², meski aktifitas nggak berat, misalkan cuman bangun dari duduk, tau² perut kenceng². kata dokter nggak papa, cuman butuh banyak istirahat saja. tapi emang bener si, seharian tiduran, perut anteng² saja :D
tulang panggul juga masih ngilu² klo tiduran, tapi klo udah beraktifitas ya normal kembali.
sudah mulai payah keluar masuk mobil, naik motor juga musti pelan² klo lewat jalan yang nggak alus (klo pelan² mah dari dulu juga harus yaaa...), klo nggak, perut kenceng².
si kecil klo diajak naik motor pasti nendang² gak jelas. entah girang atau terganggu dengan keberisikan jalan, secara selama ini 7 bulan di site nggak pernah denger berisiknya jalan yaa... :D
sudah mulai gampang capek, tapi tetep semangat klo suruh window shopping :D cuman begitu sampe rumah langsung tepar kecapekan :D

tentang dokter, di kunjungan ke-3 masih saja bete sekeluarnya dari ruang periksa. ada aja yang nggak enak di hati :S pengen ganti, tapi kok jadwal yang pas sama jadwal suami di jogja cuman jadwal itu... :S
pengen ganti dokter yang enak diajak konsultasi, jawabnya nggak cuman seperlunya aja huhuhu...

belum mulai hunting keperluan baby karena masih disibukkan dengan bersih² rumah dan jagain simbah yang udah nggak bisa turun dari kasur. jadi musti ditungguin 24 jam. klo bapak-ibu kerja, jatahku ngejagain mbah. ini bapak-ibu udah libur, kirain bisa mulai bersih² rumah suami, tapi ternyata ibu masih ngeles anak kelas 5-6 tiap pagi, jadi aku masih jagain mbah tiap pagi. sore baru bisa ke rumah suami. so, barang² di rumah suami masih acak adut.... semoga minggu ini pelan² bisa dirapiin.

sekarang klo petang belum pulang, pasti mbah ribut nyariin :D
khawatir cucunya lagi hamil malah ngeluyur sendiri sampe malem huehehehe....
mesti disuruh makan banyak, gak boleh angkat² barang berat, gak boleh capek² blablablabla.....
di rumah jadi dimanja hohoho...

suka gemes klo masuk toko baby. ngebayangin si kecil pakai baju, topi, kaos kaki, dan pernik² lain yang dipajang ^^ tapi belum sempet belanja, ntar aja abis natal muter² sama suami. kemarin masih hunting² hiasan natal. cari bintang yang pas sama pohon di rumah susah, jadi muter dari satu mall ke mall yang lain. bintang yang taun depan dipasang sama dedek yaaa.... :)

Sunday, December 4, 2011

mommy to be: 29th week

sabtu kemarin cek up lagi ke pantirapih.
gonduk (lagi) sama dokternya $(@$*@&*&*%@%**&#%#%)#
klo yang kemarin gonduk karena tengah² periksa dicut gara² ada panggilan lahiran, yang ini nggak ada panggilan apapun, tapi USG nya cuman sak-nyuk.

'ini kepala..., ini perut..., ini paha....'
**** nyetak USG
*dokter langsung balik lagi ke meja
*pasien (baca: aku) melongo

ini apa sih... nggak ada tanya jawab, nggak dijelasin apa pun, tau² udah kelar >,<
sesampainya di meja pas bahas jenis kelamin baru ditanyain 'kenapa tadi nggak nanya?'
olala..... gimana mo nanya, nggak ada kesempatan nanya dok..... :(
pengen nanya berat si kecil, posisi kepala, apakah normal, apakah beratnya normal, berat ibunya normal, terus nyari² kepala-perut-kaki waktu USG nya pelan² kek biar kita juga bisa liat. yang ada ini kilat amit >,<
gonduk..gonduk..gonduk....
mesti marai emosi bar ketemu dokter iki :(
secara udah nahan 2 bulan nggak usg, berharap bisa konsultasi lama dengan obgyn, tapi waktu konsultasi cuman segitu doank... huhuhu....

oke, muring²nya udah, sekarang bahas si kecil saja...
udah makin gede... gerak²nya kontinyu setiap 1 jam sekali. kebanyakan di bawah rusuk kanan. dan tiap hari pasti 1-2x cegukan.
baru hari ke-3 di jawa sama ibu sama adekku dibilang tambah gede. padahal waktu dateng pertama, katanya masih belum begitu keliatan. tapi begitu di rumah, pelan tapi pasti, perut mulai membesar :D mungkin bener klo orang jawa bilang, cegukan tu berarti tambah gede. ini si dedek kan tiap hari cegukan, jadi tiap hari nambah gede :D *maksa....

kemarin waktu mau berangkat cuti, nimbang masih di posisi 8,5 kg dari berat awal. waktu cekup ke dokter kemarin, timbangannya 11 kg dari berat awal o.O padahal nimbang di rumah juga masih di posisi 10 kg kurang. nggak tau tuh mana yang bener.
waktu nanya kenaikan 11 kg dari berat awal normal atau nggak, dokternya cuman bilang musti mulai ngerem. padahal perasaan makanku juga biasa² aja hehehe...
tapi yo sudahlah... sekarang ngurangi nasi yak... banyakin buah dan sayur.
seneng banget waktu belanja buah. klo di papua, 20rb cuman dapet 1 mangga atau 2-3 jeruk. tapi di sini 5rb barang segitu juga udah dapet :D
tapi tetep, biar nggak mubazir, belinya dikit². kebiasaan males ngupasku masih belum ilang euy... daripada cuman membusuk di kulkas, belinya tetep seperlunya saja.

2 hari pertama di jawa tepar di rumah. kaki ngilu dan pegel². mungkin efek 6 jam perjalanan timika-solo juga si... klo biasanya transit di makasar kan turun, bisa jalan² dulu di bandara, ngelurusin kaki. tapi kemarin nggak turun, jadi ya hampir 6 jam duduk terus. belum jam 8 pagi udah di bandara timika juga nggak kemana-mana. perjalanan solo-jogja juga cuman duduk doank... jadi seharian nggak banyak gerak dari jam 6 pagi WIT sampai jam 8 malam WIB.
hari pertama di jawa tidur mulu. tambah nggak gerak lagi. jadi ngilu nya bertumpuk². hari ketiga baru mulai mendingan. ini ntar mau coba jalan² hunting macem². mudah²an ngilu nya pelan² menghilang.

ngemall yuk ngemall...... :)

Thursday, December 1, 2011

IA and me

Tiba juga saatnya untuk pulang…
Saatnya untuk makan enak tiap hari… ;)

Terakhir kali login ke komputer GRSD77854…

Terakhir kali menutup pintu ruangan 18 OB1 lantai 5…
Terakhir kali menutup pintu rumah no ***** Tembagapura…

Terakhir kali naik si capung hijau dari HL ke LL… *semoga rabu cerah…
Terakhir kali naik si ekor kuning rute timika - jawa…


4 tahun 6 bulan 16 hari dengan ID ****…
142,992 juta detik bersama IA…
Sangat bersyukur sudah diberi kesempatan ‘ngangsu kawruh’ di penjara pura tercinta ini… Bertemu dengan teman-teman yang expert di bidangnya masing²…
Belajar tentang banyak hal baru…

Dunia, kehidupan, dan pekerjaan yang sebelumnya belum pernah terlintas di mimpi-mimpi masa kecil…


Dan sekarang tiba saatnya untuk pergi untuk mewujudkan mimpi² yang lain…

Tentunya bakal kangen dengan dinginnya Tembagapura…
Kangen dengan coto makasar Timika…
Kangen dengan hari-hari di OB1 lantai 5…
Kangen dengan bunyi telepon 541-****…

Kangen dengan teman-teman semua…

Akhir kata,
Terimakasih buat semua…

Terimakasih untuk semua bimbingannya…
Terimakasih untuk masakan ala chef² handal IA yang maknyus….

Terimakasih untuk semua bantuan, persahabatan, bimbingan dan dukungannya selama ini…


Tetap kompak, tetap semangat, dan semoga situasi yang tidak nyaman ini segera berakhir dengan kedamaian…


Sukses untuk rekan-rekan semua…

Mohon maaf untuk tutur kata dan tingkah laku yang salah selama ini…

Semoga kelak, kita bisa dipertemukan kembali dalam situasi dan kondisi yang lebih baik…


Jangan lupa, klo main ke Jogja, mampir ke rumah, kenalan sama ponakan IA :)


*untuk The Koetjloek, ditunggu album kedua, ketiga, dan seterusnya ;)


Salam,
******
itulah email farewell yang kukirim 3 hari lalu.
dan sekarang aku sudah di jawa. masih menikmati hari² layaknya cuti biasa, dan belum ngerasa kangen sama kerjaan heheheheh...

Industrial Automation.... departemen tempatku ngangsu kawruh selama 4,5 tahun kemarin. banyak yang bisa dipelajari di sana. tentang database, programming, unix, PLC, DCS, dan juga tentang hidup... tentang realita kehidupan karyawan tambang, tentang keluarga, tentang kepemimpinan, tentang arti sahabat, dan arti perpisahan....

target yang semula hanya 3 tahun nguli di gunung, ter-eksten jadi 4,5 tahun. sudah lulus S1. cukup S1 sajah, nggak perlu ke S2, S3 dan S-S yang lain. itu pun sudah cukup. saatnya untuk ngejar S sama anakku selahirnya si kecil nanti. semoga bisa lulus S3 :)

entah kapan, pasti akan tiba saatnya aku merindukan hari²ku di IA. pekerjaan²anku, rutinitas bau mie tiap pagi atau maksi, perjalanan dari 68 ke 74, masuk shift malam, kongkow² bersama.... blablablablabla.....

*MB, bos nya IA yang nggak pernah absen dari gym kecuali hari sabtu...
*pak Aris, yang terpinter se-IA, lulusan terbaik MBA angkatan beliau, salah satu orang dengan pemikiran bijak di IA
*Kevin, orang paling jenius di IA yang aku kenal, tau hampir segala hal, sarjana dengan 244 sks yang rela lulus 7 tahun kuliah, bukan karena ngulang, tapi semua mata kuliah yang disukai diambilnya o.O patut berbangga aku masuk dan lulus 5 bulan setelah beliau masuk/lulus... yah setidaknya kecerdasanku bisa dibilang selevel klo diliat dari cepatnya kami lulus dari IA (hahahahay... maksa buanget...)
*mas Dave, bos PC yang identik dengan bau minyak angin ;p termasuk bos favorit di IA karena nggak ribet untuk urusan administrasi :)
*mas Ade, bos DCS System, supervisorku selama 3tahun ini
*mas Cacak, sang maniak game, pemilik rumah yang jadi basecamp nya IA
*mas Mori, yang katanya pendekar 1000 cinta yang korbannya sudah banyak berjatuhan... mulai dari telepon, PDA, monitor, radio sampai pintu pernah dibantingnya ;p
*mas Londo, spesialis pemukul kendang aliran musik koplo, penyuplai tangan halus setelah dapet rumah di rainbow
*mas Alf, calon TE masa depan, spesialis tukang bongkar pasang kabel, orang paling rajin se IA termasuk rajin cuci mobil
*mas Her, orang paling kuat se IA setelah Kevin (yang bisa ngangkut 2 kardus AMDK 1,5L sekali angkut), yang hobinya ngangkut AW :D takkan kulupa betapa gantengnya sampeyan dan mas Alf tiap habis clean up² di DOZ hihihi....
*Opa, saingan buncit yang nggak pernah bisa kukalahkan meski aku dah hamil 9 bulan hahaha... sopir pribadi tim C setelah mas Londo. aku masih hutang skor game nyit² sama dia...
*Farid, orang yang nggak pernah marah di IA nomor 2 setelah Indra :D
*Dian, teman sekampung, se-SMA dan bisa jadi nanti anak kami ketemu lagi di SMA yang sama, secara HPL ku dan HPL istrinya selisih 1 minggu
*BK, si biang kentut yang takut kentut di depanku :D soulmate waktu training di negeri singa, teman lulus 1 angkatan :)
*Cui, sang juragan parfum
*Indra, orang paling sabar sedunia, yang nggak pernah marah, nurut klo dimintain tolong, dan orang yang berjasa bantu mulangin komp ku ke MIS :) temen 1 angkatan masuk ke IA, termasuk cerdas karena lulus dalam waktu 3 tahun. sayangnya sekarang ngulang lagi masuk IA :D kudoakan semoga dia nggak dapet kutukan pensiun di IA hehehe
*mba Sari, yang sudah hengkang dari IA, pindah ke dept lain tapi masih jadi bagian dari IA. temen cewek 1-1 nya di IA. temen senasib seperjuangan nge-develop web safety. kecil² cabe rawit, orang yang paling gampang tidur. pernah tau² berdiri di sebelah kursiku. katanya mo numpang tidur. dan nggak lama kemudian kepala sudah terangguk² dalam posisi berdiri :D

hmmm.... nggak tau nanti seberapa besar pengaruh kalian ke 'dede slamet' kalian :D (panggilan sayang buat si kecil o.O)

kamarku setelah di 'clean up'

meja kerjaku setelah di 'clean up' juga

warisan: sisa cemilan bumil masuk shift

pose hari terakhir masuk kerja di depan OB1

sovenir dari IA... ya.. kalian berhutang padaku ;p

menu farewell... gudegnya (kanan atas di gambar bawah) maknyus!!!


terimakasih IA...
terimakasih Tembagapura....
will miss u all....

Tuesday, November 29, 2011

here i am

pilihan sudah kuambil. dan sekarang aku di sini, di tempat yang sama 4 tahun 6 bulan 18 hari yang lalu, tetapi dengan suasana yang berbeda. pertama kali datang, dan ini terakhir kali pulang.
bandara yang semula dibilang lebih mirip 'kandang sapi', sekarang sudah berdiri dengan 'megah' nya.
perjalanan ke tembagapura yang tadinya 2 jam naik bus, hari ini kulewati 10 menit naik chopper.
tetapi pesawat tetap sama.. ID tetap sama, masih ID A. yang berarti belum pernah ilang/ ganti ID selama 4 tahun ini *bangga :D

akhirnya aku kembali ke kehidupan normal. merasakan jadi ibu rumah tangga yang sebenarnya. dipikir-pikir, gak bener ini, 8 bulan nikah, total ketemu suami sepertinya belum ada 1 bulan :D

dan kini aku pulang dengan si kecil di perut. anak yang hebat... gak rewel diajak ibunya nguli di gunung. sama sekali tidak merepotkan meski harus melalui masa-masa kehamilan tanpa didampingi suami.

sangat bersyukur sudah diberi kesempatan 4,5 tahun belajar dunia automasi tambang...
sangat bersyukur dipercaya mengandung si kecil yang nggak rewel...
sangat bersyukur bisa merasakan jadi full house wife tanpa banyak dilema memilih antara karir atau keluarga...

over all, inilah pilihanku...
sudah dipertimbangkan...
dan niscaya ini yang terbaik untuk ku, untuk kami...

@moses kilangin, timika 30 november 2011

Monday, November 21, 2011

Kirim Email via Telnet ke SMTP

1. telnet smtp.****.com 25
2. ketik helo
--- nanti muncul respon dari server
3. ketik mail to:*******@***.com
---muncul Sender OK
4. ketik rcpt to:*******@***.com
---muncul Recipient OK
5. ketik data
---muncul Start mail input; end with .
6. ketik pesan yang akan dikirim
7. untuk mengakhiri pesan, ketik titik <.> kemudian enter
8. untuk keluar dari telnet ketik quit

dapet dari sini

Thursday, November 17, 2011

mommy to be: 27th week

ngiluuu....
itulah yang kurasakan di awal minggu ini. saat posisi duduk atau tidur, mau rubah posisi pasti ngilu banget. tapi ngilu bangetnya cuman kerasa 1 hari. malam harinya aku minum susu, paginya ngilu udah nggak separah hari sebelumnya. nggak tau itu efek dari susu yang kuminum atau karena emang ngilu tu parahnya cuman sehari ya...
tau ah, yang jelas sekarang jadi rajin minum susu lagi :)
sejak dapet folamil genio cuti lalu, aku jadi males minum susu hehehe... cuman klo lagi pengen minum anget aja baru bikin. itupun paling milo. alhasil, susu bumil yang kubawa dari jawa masih 2 kardus :D

si kecil makin aktif. tendangannya makin kenceng, dan udah mulai naik ke sekitar pusar. kadang bikin geli, kadang rada sakit, kadang ga nyaman karena tendangan terasa sampai miss V (*ups...).
gerakannya udah mulai bergelombang² gak jelas. ngulet kali yaaa.... jadi perut gerak² kayak ada ombak. klo si kecil lagi cegukan juga sekarang lebih sering kerasa. terus kadang ada gerak kayak jari² nggremet² di dinding perut. nggak tau ngapain tu si dedek....
kepengen liat, dia geraknya tu ngapain, bentuknya kayak apa, posisi gimana...
selama ini cuman bisa ngeraba² posisi dedek klo pas cegukan aja, secara yang gerak pasti bagian tubuh atas. so, dimana cegukan terasa, itulah bagian atas tubuhnya. tapi klo tendangan, masih bingung itu kaki lagi nendang, tangan lagi smackdown, sikut atau apa. hmmmmm... semacam gerakan akrobatik yang abstrak :D

punggungku dah mulai pegel karena udah nggak bisa bungkuk, musti tegak terus. paling banter sandaran bantal yang banyak waktu duduk di kasur.
nafas juga kadang berasa sesak. paling enak klo tarik nafas panjang.

sempet kerasa kram kaki di minggu 25/26. biasanya waktu ngulet atau meregangkan kaki. tapi sepertinya udah tau trik biar nggak kram. kaki nggak boleh di sentak klo ngulet, jadi diregangkannya pelan². terus klo tidur pake kaos kaki jadi nggak dingin.

trimester kedua masa emas kehamilan?
hmmm.... bisa dibilang begitu... udah nggak mual, nggak pusing, cuman ngilu, dan pegel dah mulai kerasa. mungkin cicilan ngilu dan pegel yang nanti dirasain di trimester ketiga, dimana perut dah makin gede. klo ngilu dan pegelnya kerasa dikit², nanti klo perut udah gede kan udah terbiasa dengan ngilu dan pegel. begitu...... (????)

*12 days left.... :)

Friday, November 4, 2011

mommy to be: 25th week - suntik tetanus

sudah mulai terbiasa dengan gerakan² si kecil di dalam sana. rutin setiap minimal 1 jam sekali, pasti ada aja gerakan di perut. kadang tendang sana tendang sini, kadang terasa seperti jari² kecil merambat di perut, kadang seperti gerak bergelombang (akrobat kali yaa...), kadang kedutan (mungkin cegukan..?).
begitu terasa gerakan pertama, kadang reflek pegang perut nunggu gerakan selanjutnya. tapi kadang si kecil iseng. klo dipegang perutnya langsung diem :D

kemarin malem ada kejadian lucu. listrik kan tau² mati sekitar jam setengah 9 malem. tiba² saja si kecil nendang kuat banget :D
kaget, takut apa seneng gelap dek? hehehe....
pernah baca artikel, klo usia sekarang si kecil sudah bisa dirangsang pake cahaya, dari senter misalnya. so, iseng² tak deketin lampu hp ke perut. eh dia langsung diem.... iseng lagi hp tak sembunyiin biar gelap, dia nendang² lagi hihihii.... lucuuu.....
*gemes..gemes..gemes....

sayang nggak lama kemudian lampu nyala, jadi nggak bisa lama² ngerjain dedek nya hohoho...

masuk bulan ke-6 udah nggak lagi merasakan payahnya hamil, baik pusing, mual dsb, yang tersisa paling ngilu di panggul klo kelamaan duduk di kasur atau abis tiduran. tapi klo dipakai buat jalan, nggak lama kemudian ngilunya ilang.

perut masih termasuk slim. pengertian kali ya... aku pernah bisikin, ntar gedenya di jawa aja ya dek, biar mamah nggak berat bawanya ngulon ngetan ke papua :D
ibu juga pesen, jangan banyak makan manis, besarinnya di luar aja, biar ntar keluarnya gampang.
tapi dasar maminya masih tenang perut belum membesar, kemarin mborong es krim buat stok sampai akhir november nanti hehehe....

dan ini adalah persediaan klo mau masuk shift malem. stok cemilan musti buanyak... klo nggak ntar masuk angin. jadi dikit² makan dueh :D


ohya, kemarin tanggal 18 Oktober suntik tetanus. kata suster waktu periksa di pantirapih si, klo nglairin di rumah sakit gpp nggak suntik, tapi klo mo suntik juga nggak papa.
kemarin minggu ke 23 waktu kontrol ke bidan di hospital, pas nanya tentang suntik malah ditawarin suntik. yo wis suntik... biar dedek sehat yaa...
katanya suntik di usia 20 dan 30 minggu. pokoknya 2x suntik selama masa kehamilan.
biar dedeknya nanti daya tahannya mantap sama kuman tetanus waktu lahir :)

Friday, October 21, 2011

excel scroll nya ke-lock


sudah bertahun-tahun sejak aku mulai ngobrak-abrik excel, sering nemu kasus dimana pointer nggak bisa dinaik-turunkan pakai panah.
tadi iseng² liat scroll lock nyala, terus nyoba² naik turunkan pointer nggak bisa. setelah scroll lock dimatiin, aku coba naik turunkan pake pointer, bisa cuy....

olala... kemana aja ente selama ini wi...
ternyata selama ini pointer nggak bisa naik turun tu karena scroll lock nyala too... kirain karena spreadsheet yang terlalu banyak formula.... >,<
*tepuk jidat

Thursday, October 20, 2011

hidup, pilihan dan konsekuensi

hidup itu penuh dengan pilihan.
dan di setiap pilihan selalu ada konsekuensi yang harus kita pertimbangkan sebelum kita memilih, sebelum kita melangkah, dan sebelum kita mengambil keputusan.

sudahkah anda mempertimbangkan konsekuensi² dari pilihan yang akan anda ambil?
apa hal positif yang akan anda dapat, dan apa konsekuensi yang harus anda tanggung demi menjaga pilihan tersebut...
demi tetap bahagia dengan pilihan tersebut....
tanpa merasa terbebani dan tanpa ada penyesalan.

siapkah anda dengan konsekuensi² tersebut?
apakah anda akan bahagia dengan pilihan tersebut?
dan apakah pilihan itu tidak akan memberatkan anda dan orang lain?

pilihan yang menurut kita baik, belum tentu baik di mata orang lain.
jika orang lain memberikan saran, mungkin itu bisa jadi masukan yang patut kita pertimbangkan.
jika orang lain tidak setuju dengan pilihan anda, bukan berarti dia tidak mendukung anda, tetapi dia sayang pada anda dan khawatir dengan konsekuensi yang harus anda tanggung.

jika anda siap, dan niscaya anda bisa mendapat lebih banyak daripada konsekuensi yang harus anda tanggung, go ahead....
you'll be happy with that.

jika pada kenyataannya konsekuensi yang anda tanggung lebih berat, tentunya tidak meleset jauh dari pertimbangan² dan konsekuensi yang sudah anda pikirkan sebelumnya, dan anda sudah tau langkah² untuk menghadapinya.
anda akan tetap bahagia.

apa konsekuensi dari pilihan yang akan aku ambil esok?
ada pertimbangan dan masukan dari mereka yang sayang padaku.
memang banyak konsekuensi, tetapi aku juga sudah punya perhitungan sendiri.
semoga tidak meleset dan tidak merepotkan orang lain.

apapun itu, aku sudah mendapatkan lebih :)
aku sudah diberi lebih tanpa ku meminta :) :)
semoga aku bahagia, kami bahagia, dan mereka bahagia :) :) :)

*nggambleh.com

Sunday, October 16, 2011

bumil: pelupa, hidung berdarah

PELUPA
banyak wanita hamil yang mulai merasa bahwa mereka mendapatkan kenaikan berat badan tapi kehilangan sel-sel otak. bahkan wanita yang biasanya boleh berbangga diri akan ketrampilan berorganisasinya, dan kapasitasnya untuk menghadapi persoalan yang rumit, tiba-tiba saja mereka mendapatkan dirinya melupakan janji² mereka, mengalami kesulitan memusatkan perhatian dan kehilangan ketenangan mereka. untungnya sindroma ini hanya bersifat sementara, dan seperti gejala² kehamilan lainnya, keadaan ini juga disebabkan oleh adanya perubahan hormon.
membuat catatan atau daftar tugas kecil akan membantu mental yang sedang kacau ini, juga menghindarkan anda dari kesalahan yang mungkin membahayakan seperti lupa mematikan kompor dsb.

MIMISAN dan HIDUNG TERSUMBAT
tersumbatnya hidung, seringkali disertai mimisan, adalah keluhan yang umum pada kehamilan, mungkin karena kadar estrogen dan progesteron yang tinggi beredar pada tubuh dan menyebabkan banyaknya aliran darah pada membran mulkosa dari hidung, membuat mereka menjadi melunak dan membengkak.
tersumbatnya hidung dan mimisan lebih sering terjadi pada keadaan dimana udara panas dan kering membuat kering saluran hidung yang peka.
penambahan 250mg vitamin C (dengan persetujuan dokter) dapat membantu menguatkan kapiler² dan mengurangi kemungkinan perdarahan.
perdarahan hidung membuat anda perlu menghembuskan guna membersihkan hidung.
pertama-tama tutup salah satu lubang hidung dengan ibu jari, dan dengan hati² keluarkan lendir pada lubang hidung pada sisi lainnya. ulangi untung lubang hidung sisi lainnya, lakukan secara bergilir sampai anda dapat bernafas dengan lega melalui hidung.

untuk menghentikan mimisan, lebih baik duduk atau berdiri sedikit miring ke depan daripada berbaring atau bersandar ke belakang. tekan kedua lubang hidung bersamaan dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk dan tahan selama lima menit. ulangi bila perdarahan masih berlangsung.

sumber:
Kehamilan: Apa yang Anda Hadapi Bulan per Bulan karangan Arlene Eisenberg, Heidi E Murkoff dan Sandee E Hathaway

nggak sengaja menemukan pembenaran akan gejala pelupa ku hehehe...
beberapa hari yang lalu juga hidungku mesti berdarah, tapi nggak sampai mimisan. tadinya kupikir normal karena suhu yang dingin, soalnya dulu juga sering waktu mandi, pasti bau darah di hidung. ternyata ada juga sindrom bumil yang mimisan atau hidung tersumbat.
anehnya, suami juga mengalami sindrom serupa, pelupa, dan waktu aku cuti kemarin 2x mimisan. hmmmm.... sepertinya gejala hamilku dibagi ke suami juga ni, pantes kehamilanku nggak rewel... :D

Thursday, October 13, 2011

tentang si kecil

salah satu keberuntungan menjadi seorang perempuan adalah bisa merasakan gerakan² makhluk mungil di dalam perutnya selagi mengandung. it's amazing!!!
kadang kerasa di sini, tau² ntar kerasa di sana. lagi jungkir balik kali ya si kecil :D muter² di dalem. mana ada cowok bisa ngerasain itu, paling banter cuman bisa megang, ngrasain dari luar... kurang seru itu mah :D

masa² hamil itu menyenangkan. payah saat dijalani, tapi terbayar pada saat melihat si kecil lewat usg, saat tau klo dia sehat, saat merasakan tendangan²nya, dan akan terbayar lunas pada saat pertama kali memeluk si kecil selahirnya dia ke dunia.

selalu ada kekhawatiran, akankah anakku normal? akankah bayiku sehat? bagaimana klo nanti sakit ini, sakit itu.... terlalu banyak kata 'bagaimana kalau' yang melintas di benakku. tapi begitu terasa ada gerakan² kecil itu, kekhawatiran langsung hilang, digantikan dengan aktifitas ngobrol sama si kecil sambil ngelus² perut :D

entah kenapa, terkadang sambil ngobrol sama dedek, tau² nangis bombay... awalnya nggak tau kenapa bisa begitu, tapi tadi sepertinya aku udah menemukan jawabannya. mulai dari menyayangkan nggak bisa ngasih gizi yang cukup ke dia, takut klo dia ntar kenapa² terlebih dengan aktifitasku yang kadang² tak pikir terlalu memaksakan diri, sampai tiba² jadi keinget sama kerepotan ibu demi aku...

dek, you n ur mom did it!! nyuci piring tengah malam sambil nunggu suami pulang. orang hajatan kalah :D

sayang banget sama dedek....
sehat terus ya nak yaaaa...
ntar lagi kita makan enak tiap hari (aseeekkk....)
meski mungkin tiap hari dicekoki jamu sama mbah uti hehehehe...

nggak sabar pengen meluk kamu 4 bulan ke depan
ngucel² kamu tiap hari...
nyiwel pipi gembil dan pantat bohaymu.. *hohoho
terpesona pada cantik atau gantengnya dirimu...
nyium bau khas baby di sekelilingku...
belajar masakin menu² baby buatmu....
ngajak jalan²...
dan klo lagi nggak ada duit ngajak main ke mbah polaman biar disangoni hahahay... ;p

Wednesday, October 12, 2011

mommy to be: 20/22 weeks

si kecil udah mulai aktif nendang². kadang di kanan, kadang di bawah, kadang di kiri pusar. hampir setiap saat nendang², jadi nggak tau jam tidur si kecil jam berapa. klo diajak doa online bertiga, pasti juga nendang² sampe doa selesai. gak mo kalah pengen ngobrol sama Tuhan juga ya dek :)

ngilu udah mulai berkurang, tapi klo bangun tidur abis posisi miring, ulu hati mulai nyeri. udah tambah gede yah kamu nak...
capek dikit kerasa perut agak kram, kenceng² gimana gitu. tapi begitu buat senderan atau klo lagi tidur pindah posisi ke miring langsung enakan. kasian euy klo kelamaan kram... takut dedek ketekan *worried.

sampai saat ini si kecil bener² nggak rewel. nggak ngidam aneh², nggak muntah, nggak flek. cuti kemarin waktu tak ajak beres² rumah kerasa kenceng² setelah agak lama ngepel ato nyuci, (*pssstt... dimarahin suami klo tau sakit :p) sempet kuatir waktu kerasa celana lembab, tapi sama sekali nggak ada flek atau apa. totally bersih euy... senangnya..... ^.^

tadi sempet browsing² tentang cara baca usg, jadi nyesel kenapa kemarin waktu ketemu dokter abis blio bantu lairan gak minta usg ulang, tapi cuman mastiin klo perkembangan dedek normal. klo minta usg ulang kan bisa tau pasti ukuran dedek, gak cuman ngira² sendiri dari gambar print²an... tapi emang kemarin butuhnya cuman mo dapet statement klo perkembangan si kecil normal si... hehehe

referensi cara baca hasil usg:
http://lifestyle.okezone.com/read/2010/05/27/27/337056/yuk-baca-hasil-usg

di print²an usg si kecil kemarin nggak ada FW (fetal weight), jadi belum tau berapa berat dedek saat itu.
pengen segera usg lagi :)
moga² november ada visit obgyn ke site. biar bisa curi start ketemu dedek sebelum desember ntar ketemu dedek lagi sama suami hwehehe...

tentang musik buat si kecil, klo lagi tiduran, aku pasang bethoven dan mozart for baby yang dibawain sama suami cuti kemarin. biar si kecil angler tidurnya bin cerdas (amiiinnn.....). itung² ngimbangi efek musik koplo yang tiap hari di denger di kantor :D secara temen² di kantor pada maniak koplo.
moga² aja si kecil nggak kepengaruh musik koplo. kan pusing juga klo ntar udah lair, antengnya klo disetelin musik koplo >,<
emaknya sih gak masalah... malu ke tetangga nya itu :D

home sweet home

karena sebab yang nggak perlu dibahas detailnya, aku hari ini masuk shift malem.
wangsit yang kudapet dari melek semalem suntuk ini adalah: pengen segera pulang kampung :D

pengen segera bersih² rumah, ngatur² perkakas, belanja kebutuhan si kecil, nglengkapin kamar kami, dan tentunya makan uenak tiap hari... *wink..wink..

kado² nikahan kami, dari maret lalu aku tumpuk di kamar di rumah bapak. dan cuti kemarin, berhubung rumah udah 80% selesai renovasi, barang² kami angkut ke rumah suami. setidaknya mengurangi kerusuhan di rumah bapak lah... tapi berhubung kamar mandi dalam belum selesai, daripada cuman berdebu, akhirnya 'dititipkan' sementara di ruang tamu hehehe.... kerusuhan bukan berkurang tapi berpindah.

penampakan barang² di ruang tamu

cuti kemarin waktu ke kudus, di salah satu toserba di kudus mataku ijo liat ada promo lion *, diskon sampai dengan 25%. all item booo.... dasar jiwa emak²... padahal sehari sebelumnya udah mborong di jogja berbagai macam peralatan rumah tangga berbahan plastik, tapi teteup aja ijo ngeliat diskonan xixixi...
mulai dari kontainer, box nasi, sampai gayung kamar mandi :p pun terbeli... sampe suami puyeng ngeliat aku masih aja mondar mandir milih² barang, padahal dia udah antri di kasir :p

gak mau kalah sama KB, dua kereta dorong cukup :D

setelah muatan dibongkar

sempet liat ember mandi lucu buat bayi, tapi berhubung pamali klo belanja keperluan dedek sebelum masuk usia 7 bulan, yo wis, ntar embernya cari yang lebih lutchu aja di jogja hehehe....

asik euy nata² rumah sendiri...
dulu² klo lagi niat mau beres² rumah bapak, belum gerak keburu ilfeel duluan... barang udah overload. klo kata adekku, maklum, ngumpulin barangnya udah 31 tahun, belum bawaan dari kamar kos 3 anaknya waktu kuliah... alhasil klo mau beres² rumah udah males duluan, puyeng barang ini mau diatur gimana, yang itu mau ditaruh dimana.
kemarin udah di bilangin ibu, klo ada yang mau diangkut ke kaliduren, angkut aja.
hohoho... hoke mami... sendiko dawuh!!! besok sebelum beli² lagi tak gresek² dulu barang² di rumah hwihihihi.... lumayan toh, ngurangin sesaknya rumah bapak (*sekalian ngirit) >:)

Friday, October 7, 2011

PI Merge

Lama nggak posting tentang PI, kali ini aku mau bahas proyek merge PI server yang kami lakukan awal tahun ini.

Langkah² yang dilakukan diantaranya adalah:
  1. Konfigurasi tag di server baru
  2. Merge Archive
  3. Installasi dan konfigurasi PI API (PI Interface)
  4. Installasi dan konfigurasi FXBais
Konversi tag di server baru:
  • Membuat ID konversinya dengan script di bawah aplikasi piconfig:
@table pipoint
@ostr pointid,recno,tag
@select tag=*
@output the_tag.txt
@ends
@exit
  • Update digital state di server baru, disamakan dengan digital state di server lama
  • Semua tag di export ke excel, di review kemudian tag dibuat dengan menggunakan PI SMT
  • Membuat konversi binary ID dari file yang dibuat di step sebelumnya
#piarchss.exe -idci "C:\the_tag.txt" -idco "C:\the_output.bin"
Merge Archive:
Merupakan proses merge archive di server lama, berdasarkan tag-tag yang sudah dibuat di step sebelumnya
#piarchss -id C:\the_output.bin -if C:\input\piarch.001 -of C:\output\piarch.001 -ost "1-jan-2010" -oet "1-feb-2010"
dengan:
id - PI tag ID list
if - input file, archive dari server lama
of - output file, archive untuk server baru
ost - start time, start time dari archive baru
oet - end time, end time dari archive baru

Installasi dan konfigurasi PI API (PI Interface):
  • buat direktori untuk PI di folder /opt/pi
  • definisikan PIHOME di file .login, .profile, .cshrc di folder root
setenv LD_LIBRARY_PATH /opt/pi/lib
setenv PIHOME /opt/pi
setenv FOXAISHOME /opt/fox/ais/bin
  • copi installer ke folder /opt/pi dan jalankan script:
zcat piapi_tar.Z | tar xf -

  • masuk ke /opt/pi/build, jalankan script pi.install
  • buat file untuk IO Rates di /opt/pi/dat/iorates.dat, dan buat tag ***-IN untuk tag input dan ***-OUT untuk tag output.
AW0101-IN,11
AW0102-OUT,12
Installasi dan konfigurasi FXBais:
  • extract installer
zcat FXBAIS.tar.Z | tar xf -
  • copy fxbais.sh.new menjadi fxbais.sh di /opt/pi/interfaces/fxbais dan edit sebagai berikut:
$PROG_NAME -ps=F -id=8 -host=PISERVER:5450 -stopstat -q -write -f=5 -f=10 -f=30 -f=00:05:00 -f=10:00 -f=1:00:00 -f=24:00:00,00:10:00 -ec=11 -ecout=12 \
dengan ID adalah ID yang merupakan referensi location 1 untuk tag tipe F (foxboro).
  • update /etc/fox/user_apps.dat, tambahkan /opt/pi/bin/go_pistart di baris paling bawah agar PI bisa start up otomatis setiap kali workstation di reboot.
  • tambahkan fxbais start dan stop di PI-API start-stop
# more /opt/pi/interfaces/fxbais/add2start >> /opt/pi/bin/sitestart

# more /opt/pi/interfaces/fxbais/add2stop >> /opt/pi/bin/sitestop
POST MERGE PROBLEM
snapshot terupdate, tetapi archive tidak terupdate
setelah merge selesai, ada masalah yang menyebabkan launching server baru di cancel, karena data snapshot terupdate, tetapi data tidak masuk ke archive. jadi tidak ada historian untuk data-data setelah server di online kan. hal ini disebabkan karena ada antrian event yang corrupt. setelah berkomunikasi dengan tech support dari OSIsoft, terselesaikanlah problem tersebut dengan langkah² di bawah:
  • lewat command prompt di PI server, di folder \PI\adm, ketik "piartool -qs"
  • dalam keadaan normal, total event write dan total event reads harusnya sama
  • jika event yang terbaca 0, coba restart piarchss subsystem dari servis list
  • jika tidak ada perubahan yang terjadi, stop PI Snapshot Subsystem dan PI Archive Subsystem
  • backup primary archive
  • copi PIMAPEVQ.DAT atau PIMQ000*.DAT dari PI\DAT ke PI\EVQ
  • retstart PI Snapshot Subsystem, maka sistem akan membuat event queue kosong PIMAPEVQ.DAT
  • masukkan file yang corrupt, yang dicopi ke folder \PI\EVQ ke archive yang sesuai
C:\Program Files\PI\bin\piarchss -if "c:\program files\pi\EVQ\pimq003.dat" -of d:\PIArc\piarch.001 -evq -ost "1-jan-2010 10:41:00" -oet "21-jan-2010 15:00:00" -evq > d:\output.txt
  • script di atas akan memproses event yang korup dan dimasukkan ke archive piarch.001
  • restart PI Archive Subsystem dan cek aliran data
  • cek Total Event Write dan Total Event Reads dengan "piartool -qs". hasilnya seharusnya sama
  • proses data² yang lain berdasarkan timestamp² yang sesuai dengan archive² yang sudah dibuat
  • jika tidak ada parameter -ost dan -oet, maka timestamp yang dipakai adalah timestamp dari file event queue yang korup.

masalah calculation tags
pastikan konfigurasi di \PI\bin\pipeschd.bat di server baru sama dengan konfigurasi di server lama

selain konfigurasi² di atas, masih ada konfigurasi untuk PI trust. tapi karena tidak semua user menggunakan PI security yang sama, topik tersebut nggak aku bahas di sini.

pregnancy: the lil one 17/19 weeks

ini gambar si kecil waktu usg 2 minggu lalu. ukuran 11cm, usia 17w3d. tapi klo menurut tanggal HPHT usianya udah 19 minggu.


tiap kali melo, pasti kerasa gerakan² kecil di dalam sana, seakan² si kecil pengen bilang:
'"don't be sad mom... you are not alone... you have me now... "

huhuhu..... so sweet...
sering ngerasa gemes, berhubung belum bisa ngusek² si kecil, akhire ngusek² perut sendiri :D
love you mungil... *peluk..peluk...

Friday, September 30, 2011

mommy to be: 20th week

*usia diupgrade 2 minggu menurut perhitungan tanggal haid terakhir

fase² dimana tulang² sekitar panggul terasa ngilu luar biasa klo tiduran. bermula dari 4 minggu yang lalu, pagi hari sewaktu turun dari kasur kaki kiri terasa ngilu sangat sampe nggak kuat jalan. untungnya masih bisa dipaksain jalan, akhirnya pelan² jalan merambat ke arah kamar mandi. selesai mandi terasa agak baikan, tapi tetep ngilu klo kaki kanan diangkat, dan bertumpu di kaki kiri. waktu naik tangga ke kantor juga musti pelan², tapi masih bisa diatasi.
waktu itu perkiraan ku karena aku kurang gerak, secara beberapa hari sebelumnya aku nggak pernah makan malam di mess lagi. pulang kantor langsung dianter sampe depan rumah, jadi kaki kurang banyak gerak. hari² berikutnya aku nyoba makan lagi di mess sepulang dari kantor, jadi ada jalan² dikit dari mess ke rumah. agak mendingan, tapi ngilu tetep kerasa klo pagi.
bahkan sampai saat ini, klo udah rebahan di kasur, mau miring, pindah posisi, mau bangun, musti ambil ancang² cari posisi yang ngilunya nggak begitu menyakitkan.

tapi selain waktu² rebahan di kasur, buat beraktifitas waktu cuti ini mah fine² aja, nyuci, nyapu, ngepel, bahkan berjam² muter² cari perkakas rumah tangga juga betah² aja... cuman cepet pegel klo berdiri lama, dan mulai gampang capek... klo nyetrika di lantai udah nggak kuat lama², secara perut udah mulai terasa mengganjal :D
hari pertama cuti, di rumah langsung makan 4x. dan hasilnya terlihat di perut yang semakin membesar meski baru 1 minggu di jawa hohoho.... waktu di site, to eat list yang kubuat banyak banget, tapi begitu sampe jawa, udah nggak begitu pengen lagi makan makanan yang semula aku pengen banget makan :D makan masakan ibu, atau makan seadanya juga udah kenyang. meski laper, tetep aja nggak ada rasa kepengen makan macem², yang penting diisi.

kandunganku sampai saat ini puji Tuhan nggak ada keluhan yang berarti. udah nggak pernah pusing, totally bersih dari flek dari awal hamil, mual berkurang, nggak ngidam yang aneh², yang masih tersisa hanya ngilu² di seputaran panggul klo lagi tiduran atau abis duduk lama.

14 september kemarin mulai kerasa gerakan² si kecil. sekarang klo abis makan, langsung kerasa ada gerakan² di sekitar pusarku. berisik ya dek... dengerin lambung sama usus ibu mulai sibuk bekerja :D

sabtu kemarin, di usia 19 minggu, konsultasi ke dr ***** di pantirapih. nggak sempet usg lama², bahkan kilat banget, soalnya dokternya keburu ada panggilan lairan. huhuhu... nggak bisa lama liat dede... tapi mulai kelihatan bentuk kepala, tulang punggung, tangan dan kaki... amazing!!! :)
HPL klo berdasarkan tanggal haid terakhir jatuh tanggal 14 februari. dan kalau berdasarkan ukuran janin, HPL tanggal 29 februari :D
keduanya tanggal istimewa hehehe... nggak tau ntar dede pilih tanggal berapa untuk melihat, mendengar dan merasakan indahnya dunia ini (hasyah...).

sebelumnya sempet takut janin nggak berkembang normal, secara di usia kehamilan 3/5 minggu, waktu belum ketauan klo hamil, aku dikasi resep antibiotik zithromax sama sporacid karena ada cairan bebas di rahim. kata dokter indikasi infeksi saluran kemih. tapi puji Tuhan, perkembangan dede tetep normal sampai saat ini.

can't wait to see you next 4 month sweetheart... :)

Wednesday, September 7, 2011

simbah²ku

teringat lirik sebuah lagu yang diajarin mbok yem (alm), -adik mbahku, dulu waktu aku masih kecil. katanya sih lagu jepang, bunyinya begini:

kataona ra be deni sanyo...
yo mo ka koyei keronoa..
gai gai sanyo ari katao...

nggak tau nulisnya gimana, tapi nyanyinya gitu...
kata mbakku, itu yel² pembuka atau penutup waktu pelajaran.

hmmm... kangen mbok yem... kangen nggangguin pake enthung (ulet yang biasa ada di daun pisang), kangen dimarahin, kangen main ke rumahnya...
banyak kenangan bersamanya yang aku udah lupa, cuman setelah blio nggak ada gini, sering nyesel, kenapa dulu pas kuliah jarang main ke rumahnya.
pernah aku main ke bandung seminggu, pulang² dimarahin gara² nggak pamit heheehhe gimana ceritanya ya klo misalkan sekarang blio masih ada... aku gak pulang 6 bulan pasti ketemu² nangis :D

sama kayak mbah kakung (alm), dulu waktu tak pamitin pertama kali berangkat ke papua, nangis bo'.... satu²nya orang yang menangisi kepergianku :D
waktu pertama aku balik cuti, ketemu² juga macam mrebes mili klo orang jawa bilang :D satu²nya orang yang nangis kangen sama aku hwekekek...
mbah yang baek banget sama aku. waktu kecil bikinin ayunan dari bambu, ajak ke ladang... trusss apa lagi ya... banyak yang lupa euy... memori tentang masa kecilku memang nggak begitu bagus :(

yang aku inget, mbok yem dan mbok 'wo klo abis dapet duit dari jualan apa gitu, pasti sebagian dikasihkan ke aku, sebagian untuk mbak ku, baru sisanya mereka.
terus mbah kemis, suami mbok yem, klo ke pasar pasti beli nasi lauk tempe bacem yang uenak banget buat aku sama mbakku. meski hasil penjualan nggak seberapa, tapi masih inget aja sama 2 cucu nya ini. klo nggak nasi rames ya tahu guling. semuanya uenak... aku kangen makanan² itu :(
huuu... klo masalah duit sama makan aja inget :D

klo mereka masih ada, tentunya mereka bisa hadir di pernikahanku, ikut foto dengan senyum khas mereka, terutama senyum lebar khasnya mbah kakung. really miss his smile... :(
mbah kemis udah sepuh, jadi nggak bisa dateng ke nikahan. mereka diwakili sama wajah cool (:D) mbah putriku yang saat ini masih sugeng.
nggak cuman dateng di nikahan, seandainya semua masih sugeng, ntar lagi bisa ikut bantu momong anakku, seperti dulu mereka ngemong aku dan mbakku :D. paling nggak ngeliat buyut pertamanya lah...

hmmm... klo emang ceritanya begitu, pasti kisah hidupku juga lain, nggak kayak gini.
yap. Tuhan memang punya cerita sendiri untuk masing² umatNya, yang tentunya indah.
itulah sekelumit cerita indahku. bagaimana ceritamu? ;)

Wednesday, August 31, 2011

bumil, sensitif dan nangis

Trimester Pertama

Selama bulan pertama hingga ketiga, suasana emosi ibu hamil biasanya gampang sekali berubah. Pergolakan emosi menyebabkan Anda sensitif, mudah menangis, gampang lelah, takut bila terjadi keguguran, lebih merasakan "sakit" daripada hamil. Perubahan emosi Anda lebih disebabkan adanya aktivitas hormonal yang meningkat pesat dan sebagian faktor fisik. Misalnya kelelahan, mual, muntah, morning sickness atau perubahan bentuk tubuh.

Trimester Kedua

Pada usia kehamilan ini, emosi Anda jauh lebih baik dan tidak banyak keluhan yang Anda rasakan seperti pada trimester sebelumnya. Oleh karena itu, periode ini bisa disebut periode keemasan. Anda mulai bisa menyesuaikan diri dengan perubahan hormon kehamilan. Selain itu, tidak banyak muncul keluhan-keluhan fisik. Inilah yang membuat Anda bisa menjalani kehamilan dengan lebih enak dan tidak sedramatis sebelumnya.

sumber: http://www.bayisehat.com/pregnancy-mainmenu-39/159-perubahan-emosi-pada-ibu-hamil.html

hmmm... ini udah lepas 3 bulan, menuju 4 bulan, tapi emosi makin tidak stabil :D
atau fase 'sensitif' ini baru aku laluin ya... 1 minggu ini makin sensitif, dikit² nangis dengan sebab yang sepele, terus klo ada yang nggak sreg dikit langsung kagol hohoho...

barusan baca forum di bawah jadi geli sendiri, ternyata banyak cerita lucu berkaitan dengan ibu hamil, sensitif dan nangis hehehe..

http://ibuhamil.com/diskusi-umum/786-ibu-hamil-sensitif-bngt.html

untuk saat ini, mungkin efek dari suasana hati yang lagi bosen²nya di site. nggak tau, padahal nggak ada yang berubah dengan tembagapura, tapi rasanya jenuuuhhhh... banget. mungkin termasuk bosen juga sama menu mess.

sekarang klo ngeliat iklan di TV, iklan makanan yang paling menggoda adalah mi rebus instant!! hahaha.... suka makan mie tapi sekarang harus menahan diri nggak makan mie dulu. masa puasa kemarin sih enteng, nggak ada yang bikin mie klo di kantor. tapi pasca lebaran ini, tiap hari pasti ada aja bau² mie instant di sekelilingku. secara mie instant adalah makanan pokok penghuni OB1 lantai 5 pada umumnya, dan IA'ers pada khususnya.
yeah... mie instant memang mencerdaskan karyawan di OB1 :D
biasanya klo udah ga tahan dengan bau mie, pasti aku minta 1-2 sendok mie dari mereka yang makan mie di ruanganku hehheeh... maap ya dek, sekali² MSG gapapa, dikit kok... ;)

udah pengen cuti, kangen rumah, kangen suami, jadi klo 'dicuekin' suami ;p atau telpon ke rumah nggak bisa masuk... emosi langsung ga jelas. ditambah kondisi fisik yang masih sering pusing, terus males makan padahal pengen makan banyak demi si kecil, jadi klo lagi sendiri sering termehek-mehek ga gelas. bahkan di kantor pun, lagi asyik²nya ngetik, tau² udah nangis bombay :D untung kursiku membelakangi pintu, jadi klo kecolongan airmata netes nggak kelihatan hihihi...

let's see... apa yang akan aku alami setelah masuk bulan ke 4, yang katanya sudah memasuki masa keemasan.
celana udah mulai sesak euy... disini aku cuman ada 3 jeans, dan 2 celana sragam ukuran S dan M untuk kerja. sekarang semua jeans dan celana seragam ukuran S udah nggak nyaman dipakai, bawahnya masuk, tapi perut udah kedesek klo dikancingin. kemarin iseng² nyoba celana seragam ukuran M yang sebelumnya nggak pernah kupake karena kegedean, ternyata jadi pas! paling nggak nyangkut di pinggang. lumayan lah... masih ada 1 celana yang muat. sambil nunggu cuti, cuci kering pake aja ah... hehhee

celoteh lebay seorang anak yang lagi melo

pun berjuta terimakasih takkan sanggup membalas semua yang telah kau beri
berkali-kali maaf terucap juga tak mampu menghapus sesal di hati

tapi aku yakin
lapangnya hatimu telah memaafkanku meski maaf tak terucap
maaf selalu membuatmu khawatir, meski hanya untuk keluhan kecilku yang tak sengaja terucap
maaf... untuk semua perih di hati karenaku
maaf... masih saja selalu merepotkanmu
maaf... aku masih belum bisa menjadi anak yang baik

terimakasih untuk 9 bulan kehangatan di rahimmu...
terimakasih untuk 27 tahun dan 9 bulan kehangatan di rumah...
terimakasih untuk tetes keringat yang telah kau cucurkan untukku...
terimakasih untuk telinga yang selalu siap mendengarkan keluh kesahku...
terimakasih untuk kesabaran menghadapi polah tingkahku...
terimakasih untuk semuanya...

mom... dad... i love you... :*

Monday, August 29, 2011

bagilah pedihmu - baim

jadi adem denger lagu ini...

apa pun yang akan kau lakukan
ingatlah diriku, selalu, tetap bersamamu
setiap kau merasakan sedih
sebutlah namaku, sayang, ku kan disisimu

* jalanilah semua keinginanmu
ku kan selalu menunggu kehadiranmu
kapan saja tuk dirimu dan hatimu

bila kau merasa
sepi menyiksamu bertahanlah sayang
walau kita jauh
bagilah pedihmu biar kau tetap tersenyum

hanyalah kekuatan dirimu dan juga diriku
kita kan terus berjalan

ingatlah selalu ku menunggu

mommy to be : 14 weeks

sudah mulai merasakan 'nikmatnya' proses menjadi seorang ibu. kepala lebih sering pusing, lidah pait, panggul sering ngilu macam-macam rematik, mulai ga nyenyak tidur, perut sering nyut2an nggak jelas *nggak jelas antara laper atau sakit hehehe...
mungkin karena nafsu makan mulai menurun, sering males makan, jadi laper terselubung.
minum susu masih mual, tapi untungnya masih bisa dipaksakan masuk.
tapi puji Tuhan banget, sama sekali nggak ada muntah dan flek sampai saat ini. si kecil pinter, tau klo emaknya kerja di area sulit, jadi nggak rewel, nggak ngidam apapun, dan tetep kuat meski tiap hari klo ke kantor musti lewat jalan yang kayak sungai kering. makasi dek... :)

gara² kondisi tubuh yang nggak jelas, bawaannya jadi males. jadi sensi juga, suka uring-uringan, pengennya ngomel mulu ke misua, sayangnya yang diomelin suka kurang sabar, jadinya makin mangkel :D
lebih gampang nangis, sedikit² termehek-mehek dengan sebab yang terlalu lebay menurutku sendiri hehehe...
padahal klo malamnya nangis bombay, paginya di kantor mata panas, ga enak bangetz... tapi memang nangis itu menyenangkan... dengan efek dahsyat yang nggak bisa dilukiskan dengan kata², tapi bikin hati jadi lega (hasyah..... :p )

sebulan yang lalu minta kiriman lauk dari ibu, nitip temen yang kebetulan lagi cuti. dimasakin sambal tongkol dan ati bacem digoreng. mantabs!! pertama dikirim gudeg yu djum plus bebek pak slamet, yang kedua dikirim masakan ibu, gudeg, plus bebek haji dargo.
berhubung udah bosen sama menu mess, semuanya terasa maknyus... d^.^b

nanti aku cuti dimasakin lagi yaaa.... orak arik, mi godog, opor 'ndog gludug, sayur gambas, sambel tempe, sayur loncom... etc...etc... semua masakan ibuk mah uenak di lidahku.
*kayaknya buat semua orang, masakan ibu emang selera asal ya, macam bahasa ibu :D

tentang mi godog, setelah dipikir-pikir, sepertinya mi godog terenak tu bukan buatan mbah mo, mie sedayu, ataupun mie manapun, tapi, mi godog buatan ibuk!!! yeyyy.... besok cuti mau mi godog nya ibuk!! :)

klo sayur bening, salah satu favoritku juga, berhubung kemarin udah bisa bikin sayur bening hampir menyerupai sayurnya ibuk jadi ntar aku bikin sendiri deh klo pengen hehhee...
yang lainnya nanti minta resepnya, jadi besok bisa bikin anakku kesengsem juga sama masakanku xixixi... ;)

gara² hamil tapi masih ngerepotin ibuk minta dimasakin macem², jadi sering terlintas pengorbanan ibuk demi lahirnya seorang dwi ke dunia, dan nangis bombay ga jelas klo lagi inget itu. juga pengorbanan bapak. membesarkan kami bertiga, dengan segala kebandelan, kerepotan yang kami buat, dan kenakalan² masa remaja kami. ibu-bapak yang sangat sabar, berusaha nurutin semua yang dipengenin anak²nya, bahkan sampai sekarang, posisi aku dah jadi calon ibu aja masih suka ngerepotin :D
makasih ibuk... makasih bapak... you're a great parents!! :')

ngebayangin 9bulan ibu bawa aku (dan 2 sodaraku di tahun² lain) di perut sambil tetep ngajar di depan kelas. padahal aku sendiri sekarang, berdiri lebih dari 15 menit di gereja aja udah mau pingsan, ga kebayang gimana klo disuruh ngajar di depan kelas seharian. huhuhu... memang, ibuk hebat!!!

klo posisiku sekarang mah enak, badan macam masuk angin nggak sembuh², tapi kerjanya di kantoran, duduk terus di depan komputer. nggak perlu ke lapangan, nggak perlu berdiri lama, nggak perlu jalan jauh dan klo berasa capek bisa nyolong² tiduran bentar di kursi ;p
sedikit olah tubuh yang mulai membuatku payah, naik tangga 3 lantai setiap harinya. ruanganku ada di lantai 5, pintu masuk di lantai 2. jadi naik 4lantai, tapi dapet diskon 1 lantai. belum bawa ransel dengan segala bekal makanan di dalemnya :D capeekk... dan begitu sampai ruangan pasti mual²... nggak tau karena dingin atau kecapean hehehe...

aku akhir² ini agak sensi sama yang namanya dingin euy, bawaan si kecil kali ya... keturunan bapaknya, klo dingin tenggorokan sering berdahak. orang bilang, alergi si kecil udah kelihatan dari masa di dalam kandungan. ibunya mengalami alergi yang sama selama masa kehamilan.
padahal tembagapura lagi dingin²nya sekarang. klo ke kantor jaket musti dobel, klo tidur musti pake jaket, kadang plus kaos kaki plus kaos tangan. klo keluar kantor, atau jalan dari mess, jaket musti dikancingin, klo nggak mual² hohoho...
hmmmm... gapapa lah alergi dingin, toh efeknya cuman mual, nggak gatal², biduren dsb. asal ga alergi makanan yang enak² ya dek, jangan alergi udang kayak bapakmu ;)

udah bosen di site euy... pengen cuti.... pengen makan enak...!!!
cuti kemarin maju 1 bulan, yang ini mundur 3minggu. jadi tepat 14 minggu di site untuk roster kali ini. buerat euy!!! >,< padahal dulu aja, 2tahun pertama kuat 6bulan nggak cuti. sekarang 6minggu +++++ aja udah nggak ada kemampuan dan nggak ada kemauan ngapa²in :D

tapi, seberapapun payahnya masa² ini, pengenku cuman semoga si kecil sehat di dalam sana, terus sehat sampai lahir ya nak... klo ibu males makan, ambil apapun yang kau butuhin dari ibu, yang penting kamu sehat... lemak juga ibu rela kok kau ambil semua ;)

*masih membahasakan diri dengan sebutan ibu-bapak, karena saat ini aku lebih suka panggilan itu. rasanya lebih 'nyes' di hati dibanding mama-papa, ayah-bunda, mami-papi... soalnya klo mama, berasa 'tua' euy... :D
tapi nanti terserah si kecil mau panggil kami dengan sebutin apa. yang jelas, we love you mungil.... :*

Tuesday, July 12, 2011

sudah 7 minggu...

yup. makhluk mungil sudah dititipkan Tuhan di rahimku untuk kujaga... :)
terkadang masih nggak percaya... jika Tuhan mengijinkan, 7 bulan lagi kami akan jadi orang tua. wawww.... dari awal memang sebenarnya kami nggak berencana cepet punya momongan, tapi juga nggak menunda. klo dikasih ya syukur, klo belum ya buat jalan² dulu hwehehe...
cuti kemarin sempet berencana mau ke lombok, tapi batal karena ada nikahan tetangga. ke lombok maksudnya sih mau kejar target :D secara masih banyak tempat yang belum dikunjungi, sementara klo udah ada baby kan ga mungkin jalan² sampai the baby gede dan bisa diajak jalan² hohoho... pengen ke lombok, raja ampat, trans studio, green canyon sebelum aku hamil. tapi ternyata Tuhan berkehendak lain, pulang cuti kemarin aku positif hamil, jadi ya jalan²nya nanti, klo dede nya udah bisa di ajak jalan² sajah...

bermula dari si bulan yang nggak dateng², minggu kedua telat, aku TP dan hasilnya dua garis. sempet ga yakin, hari berikutnya TP lagi pakai merk yang waktu aku telat seminggu hasilnya masih 1 garis, ternyata hasilnya dua garis juga....
masih belum yakin sih klo belum diiya'in sama dokter, tapi waktu ke dokter umum nggak diapa²in, cuman disuruh tes darah sama urine !-_- jadi musti nunggu lagi sampai hasil lab nya kelar. kemarin sekalian minta tes TORCH, karena aku belum sempet tes sebelumnya. sempet takut juga klo hasilnya nggak clear, tapi untungnya semua normal, dan emang positif ^.^

tentang tes TORCH (tokso, rubela, cytomegalovirus, herpes) ternyata sangat penting sebelum kita merencanakan kehamilan. klo seorang bumil terkena tokso, efeknya bukan ke ibu. jadi nggak kelihatan secara fisik, tapi ke perkembangan janin. ada beberapa kasus di daerahku yang ternyata ibunya kena tokso. ada yang perkembangan jantung bayinya nggak sempurna, jadi musti dioperasi. ada juga yang fisiknya sempurna, tapi daya tangkapnya kurang, jadi nggak berkembang normal.
dan tokso, nggak melulu berasal dari bulu kucing saja, tapi bisa juga dari daging yang kurang matang masaknya, atau buah/ sayur mentah yang kurang bersih nyucinya. untuk buah dan sayur, virus didapat dari kotoran hewan yang digunakan sebagai pupuk organik. hmmm... dunia ini semakin aneh saja ragam penyakit dan sumbernya.
terus suntik tetanus yang diwajibkan di beberapa daerah buat calon penganten wanita, ternyata sangat bermanfaat juga ke persiapan kehamilan, karena bayi pada waktu dilahirkan ke dunia juga membutuhkan imun tetanus. jadi biar bayi tidak terkena tetanus sewaktu dipotong plasenta atau terkontaminasi kotoran dari sang ibu sewaktu dilahirkan ke dunia. suntik tetanus juga disarankan pada usia kehamilan tertentu, tapi untuk informasi ini, aku kurang paham. nanti saja nanya waktu ketemu bidan apa obgyn lagi hehehe.

karena nggak ada obgyn yang stay di tembagapura, hanya kadang² saja visit ke site, biasanya periksa rutin kandungan dilakukan oleh bidan. tapi kemarin kebetulan ada visit obgyn, jadi pertama periksa, aku sama obgyn. semua normal. nggak dikasih obat, karena sebelumnya sama dokter umum udah dikasih folid acid sama mediamer untuk mualku. yang mediamer nggak aku makan, karena aku nggak suka obat :D dan memang mualnya nggak parah. herannya, kok nggak dikasih penguat janin ya? tapi memang sampai saat ini nggak ada keluhan sih, selain perut sering nyeri² klo lagi laper ;p
waktu usg 12 juli kemarin, usia 7minggu, bakal ari nya udah kelihatan, denyut jantung juga udah nampak. hmmm.... it's amazing... ada makhluk mungil tumbuh di perutkuuu...!!!

sindrom hamil muda sudah mulai kualami. mulai dari pusing², males ngapa²in, mual, jadi sensi, hidung lebih peka, masuk angin sepanjang hari, tapi untungnya masih doyan makan dan ga muntah.
jarang berasa laper, cuman klo kurang makan mesti mual, jadi sama aja perut musti diisi 1 jam sekali.

untuk masalah mual, berhubung dulu pernah maag parah, dimana aku mual ngeliat semua menu makanan (padahal baru gambarnya doank... parah!!), yang bisa dimakan cuman yang seger² macam es buah, jus dsb... sekarang mual² bukan hal baru lagi buatku. pokoknya sekarang yang penting makan dan makan. dimana ada aku, disana ada makanan :D

sudah mulai bosan dengan menu mess yang lebih sering nggak karu²an, untungnya beberapa hari ini ada unplanned vacation, jadi bisa bikin acara masak bersama di rumah temen. so... sedikit tertolong deh :D

klo lagi laper sering kepikiran pengen ini, pengen itu, sampai aku bikin list yang musti 'dimakan' cuti besok. padahal cuti masih 2bulan lagi huhuhu... pengen lotek, bebek goreng pak slamet, mie kadin, mpek² ny kamto, bakso pk, mie ayam, ikan goreng garing, soto utara galeri, soto pak sholeh, soto kadipiro, gudeg yu djum, cap jaek, cap cay... hmmmmmm apa lagi ya? buanyakkk... :D
can't wait to eat them all!!!!

btw tentang mie ayam, aku pengen mie ayam gerobak yang muter ke kampung² itu... nggak tau kenapa, aroma dan rasanya beda aja... lebih gimana gitu... :D
cuti kemarin sempet makan mie ayam di depan samsat sleman, tapi nggak seperti bayanganku euy... hmmm jadi laper...
makan..makan.... :D

Wednesday, May 18, 2011

satu lagi tentang weddingku

additional souvenir :D

berhubung sovenir habis, sementara beberapa temen di site belum kebagian, kemarin aku bikin sovenir lagi. cari barang yang bisa kepake sama makhluk yang namanya cowok, dapetlah mug² yang tentunya tetap dibikin bernuansa merah marun :).

model kayak mug nescafe tapi lebih tinggi. karena yang model nescafe tinggal dikit, kemarin digabung sama mug yang sama panjang, tapi bentuknya bulet, bukan kotak.
mug nya di sablon 2 macam. yang 1 sablon nama temen² yang bantu nyinom, buat kenang²an mereka, yang 1 nya disablon coretan² gak jelas tentang kami. tulisan nya aku dapet dari oom google (maap, lupa dapet dari web apa hehehe) dengan sedikit gubahan

it's all about us...
it's all about love...
it's not about the long distance love...
it's not about the different place of work...
it's not about on time or not

it's all about us...
it's all about love...
it's all about the laugh we've shared
it's all about our togetherness...
it's all about love...
it's all about us...

Saturday, April 2, 2011

gusi bengkak dan berdarah

waktu aku browsing² tentang judul postingan ini, yang kutemukan adalah topik tentang radang, gusi kemasukan sisa² makanan dan berbagai macam penyakit gigi dan mulut lainnya yang mengakibatkan bengkaknya gusi.

kenapa aku browsing tentang gusi? karena gusiku beberapa hari yang lalu bengkak saudara! nggak tau awalnya bagaimana, tau² gusiku bengkak, dan berdarah waktu sikat gigi, atau ditekan gusinya. takut berpotensi kenapa², browsinglah aku...

males priksa, akhirnya aku diemin tu gusi dengan niat klo seminggu belum sembuh, baru aku priksa. setelah 5hari terbiasa dengan asin darah, tadi pagi ada rasa² aneh di gusi tersebut, asinnya beda seperti biasanya (jijay banget sih... macam² pengkonsumsi darah :D). dan waktu kulihat, darah di gusiku merahnya lebih tua dari biasanya, dan gusi sudah mulai melemas. waktu aku geser tu gusi, kaget lah aku, ada benda berwarna hitam di antara gusi dan gigiku, tepatnya di belakang gusiku yang bengkak. langsung kepikiran klo itu batu. aku cungkil lah pakai tusuk gigi, dan benda asing itu terusir dari mulutku dengan suksesnya.

buset deh.... batu kecil seukuran 2,5 x 1,5mm, tapi termasuk gede untuk ukuran benda asing yang masuk ke sela² gigi-gusi. masuk dari mana tu batu coba? waktu aku nanya ke dokter gigi sepupu swamiku, dia bilang ada kemungkinan itu karang gigi. aw..aw..aw... bener juga yaa... tapi mosok karang gigi bisa setebal itu????? padahal selama ini aku nggak pernah bermasalah dengan karang gigi.... tuiuiuinggg aneh bin ajaib.....

dulu juga pernah kejadian waktu KKN, mblasak² ke kebun dan jempol kakiku kena patahan ranting yang masuk ke sela² pangkal kuku. udah aku cabut, tapi beberapa hari masih kerasa sakit. aku diemin, kirain karena luka kemarin belum sembuh benar. setelah beberapa hari, aku lihat ada benda putih semu kuning nongol dari pangkal kukuku, tak liat² ternyata patahan rantingnya masih ada yang ketinggal di dalam daging euy..... hebat yaaa tubuh kita tu... bisa menolak benda asing. klo isyarat yang diberikan ke kita nggak di gubris, benda itu bisa dikeluarkan dengan sendirinya setelah beberapa hari....

jadi klo gusi bengkak dan berdarah, padahal selama ini nggak pernah bermasalah dengan gusi, atau tubuh masih terasa sakit habis kemasukan benda asing, curigalah klo ada benda asing yang masih tersembunyi di tubuhmu hehehe.....

Wednesday, March 30, 2011

1st hanimun...

kenapa 1st hanimun? karena abis nikah kita cuman barengan 4.5hari, habis itu kembali ke habitat masing². jadi hanimun nya bersambung laaa... ahahay... ;p

setelah merasakan 1 minggu di singapura tapi berasa nggak kemana-mana tahun lalu, perjalananku ke sana kali ini baru lah bisa disebut liburan, meski cuman 3hari 2malam. perjalanan pertamaku dengan suamiku (masih berasa aneh dengan sebutan ini ;p), dan ini merupakan liburan pertama dimana kami murni berdua saja sejak kami jadian. soalnya selama ini kalau kemana-mana pasti banyak yang gabung :D

untuk penginapan, aku memilih hotel yang sama dengan penginapanku tahun lalu, hotel *b*s di bencoolen street. selain udah familiar sama daerah di sekitar hotel, hotel ini dekat stasiun MRT, dekat food court, dan dekat tempat cari sovenir di bugis. dapet free internet akses pula. tapi sayang nggak dapat 'sovenir' sendal kamar hehehhe... *ketahuan klo selama ini hobi nilep sendal kamar :D

on the train...

hari pertama, kami jalan² ke seputaran merlion park. nadar perjalananku kemarin adalah ke USS dan foto sama merlion di deket esplanade, secara klo belum foto sama tu patung, dianggap belum sah ke sing euy hehehe... tapi ternyata di sekitar merlion mau dibangun hotel mengelilingi patung, jadi sekarang patungnya sudah nggak bisa dijadikan background buat narsis lagi..... hikshiks... :(

sketsa hotel di seputar merlion

malamnya kami muter² di little india. baru tau klo disana tu ruame buanget!! macam² abis pertandingan bola. manusia menyemut di segala arah. nggak tau tu pada ngapain.... kami turun di stasiun mrt little india, kemudian jalan ke arah mustafa, cari oleh² coklat dkk di sana. coklat di sana murah², klo dibandingin sama coklat di tembagapura, harga 2coklat di tembagapura bisa buat beli 3coklat yang sama di sana. modern market ini buka 24 jam, jadi klo ga sempet cari oleh² di siang hari, dini hari ke sana juga masih bisa dapet oleh² dengan harga miring, ga ada sistem harga siang - harga malam.

hari senin, rencana kami mo ke USS, tapi paginya kami ke jurong bird park terlebih dahulu. naik mrt ke stasiun boon lay, pindah ke terminal bus di mall depan stasiun mrt, kemudian naik bus 194 atau 251 yang berhenti tepat di depan jurong bird park.


hmmm... biasa aja sih menurutku... cuman ada fasilitas monorail dan lingkungannya bersih aja. aku berharap bisa menemukan taman penuh bunga yang adem di sana, macam yang di foto² gitu, tapi nggak nemu euy... akhirnya kita cuman muter² bentar, dan perjalanan pun berlanjut ke sentosa.

dari jurong kami kembali ke stasiun boon lay dengan menggunakan bus yang sama dari depan JBP, kemudian naik mrt jurusan outram park, kemudian pindah mrt jurusan harbour front. dari harbour front kami naik sentosa express di vivo city. sesampainya di sentosa, kami langsung to the point ke USS.


wahana di USS yang paling berkesan buatku adalah the mummy. pertama masuk ke wahana tersebut kita mengelilingi semacam labirin yang dibuat seperti setting di film the mummy. serem-serem gimana gitu... kirain itu udah inti dari wahana, ternyata intinya adalah roller coaster tapi di tempat gelap. bayangpun.... roler koster di tempat terang aja sudah cukup memacu adrenalin, gimana klo gelap coba?? nggak kelihatan track nya kayak apa, yang ada tau² kita miring kiri, miring kanan, maju, mundur... waaaaaa...... seru abis... sampai speechless ga bisa teriak lagi, bikin jantung mau copot!!

keluar dari wahana ini, hubbyku yang tadinya semangat mo naik blaster galactica, jadi ga berminat lagi, puyeng katanya hwihihi... blaster galactica ini adalah sepasang roler koster yang paling memacu adrenalin, karena ada moment dimana kedua roler koster terkesan mo tabrakan.... hiiii... seru!!! padahal tadinya aku yang keder coz lama ga main adrenalin, eee endinge mase yang ciut nyali :D

wahana lain yang seru shrek 4D. kita nonton film shrek tapi dengan efek semprotan air dan kursi digoyang-goyang klo pas adegan naik kereta. kemudian wahana water world, atraksi layaknya di film water world. keren.... asal jangan duduk di kursi depan, soalnya bakal kena cipratan air waktu boatnya lewat di dekat area tersebut. di area jurassic park ada wahana seperti arung jeram, tapi menurutku seruan yang di ancol deh... di ancol lebih basah... dan lebih bikin teriak. klo di uss basahnya waktu kita diturunin dari ketinggian aja.

ada 1 lagi wahana yang katanya bagus, tapi kemarin kelewatan :( pertunjukan efek film nya steven spielberg. katanya sih seru, tapi nggak tau ya kemarin kok bisa kelewatan. sayang euy....

salah satu sudut USS

USS tata letaknya keren, menyerupai setting film² hollywood. tapi untuk urusan wahana, ancol nggak kalah kok... temenku juga bilang, trans studio makasar ga kalah keren juga, bahkan wahana yang mirip the mummy nya lebih mengena katanya. lets try it someday... setelah puas keliling USS, tujuan selanjutnya nonton song of the sea, pertunjukan berbasis permainan laser dan air di pinggir pantai yang mainnya 2x sehari, tayang jam 19.40 dan 20.40. kreatif.... semua yang berbau air memang menyenangkan :D
di anyer kok nggak bikin kayak gini ya...?

song of the sea

tiket USS kami beli online, dengan pertimbangan malas antri di USS. tapi sebenarnya lebih murah kalau beli langsung... secara kalau pakai kartu kredit, nanti kita kena charge yang aku nggak tau perhitungannya gimana. tiket song of the sea aku beli langsung di counter di vivo city. harga asli S$10 , tapi kami pilih paket spesial S$15 dimana tempat duduk nanti di depan panggung persis. nominal klo beli langsung jatuh lebih murah dibanding klo beli online, karena nggak ada charge tambahan dari kartu kredit. cuman klo pas wiken, mungkin lebih enak online, karena bisa jadi antri panjang, klo nggak kehabisan tiket

Sunday, March 20, 2011

our happy days

kerusuhan di ruang tamu pra acara, termasuk relawan yang ngungsi tidur sambil lembur ngemas sovenir :D

berhubung sore ujan, meski siangnya mobil udah dipoles, tengah malem indra nyuci mobil :D abis itu lembur ngehias mobil sama masang foto di memory tree :D *tengkyu...tengkyu...

prosesi pembuatan prasasti 05032011. lembur sampai jam 12 malam dalam waktu seminggu, sampai direwangi flu barang...

the prasasti :)

kostum tunangan. kebaya yang nggak bisa dipakai sendiri, secara di belakang benik nya bejibun >.<

seserahan

pemberkatan di gereja

kostum waktu pemberkatan

simply singer... sedikit, tapi suaranya ga kalah sama yang ber-20 orang :)

"panggih", salah satu prosesi adat jawa

the manten

pelaminan

pohon memori kami.... dan coklat fountain, salah satu menu cemilan

dekorasi catering

mantennya banyak maunya.... sampai undangan plus sovenir ngemas sendiri, teks misa jilid spiral sendiri, akhirnya yang ribet orang rumah :D plus memori tree yang fotonya baru di pasang H-1 hehehhe...... banyak banget yang bantu hingga lancarnya acara kami. ada kerikil² yang mengganggu tapi untungnya masih under control. makasi semua....... \^.^/

Thursday, March 10, 2011

our playlist

ini list lagu yang aku request ke mba Gopi, wedding singerku untuk acara di rumah. berhubung penyanyi solo, jadi nggak ada lagu duet. lagu duet yang dipakai cuman I've Finally Found Someone yang dipakai sebagai penutup misa di gereja.

nggak tau berapa persen dari lagu² di bawah yang dinyanyiin waktu resepsi, secara di pelaminan kami nggak ndengerin mba Gopi nyanyi apa aja :D

1. Susan Wong - Close to You
2. Shania Twain - You're Still The One
3. Beautiful Girl
4. Barry Manilow - Can't Smile Without You
5. Barrio Boyz - You're My Everything
6. Minnie Riperton - Lovin' You
7. Nat King Cole - L O V E
8. Afgan - Terima Kasih Cinta
9. Naff - A.n.g
10. Vina Panduwinata - Cinta
11. Vina Panduwinata - Dia
12. Glenn - Pantai Cinta
13. Mike - Semua Untuk Cinta
14. Fuji Fumiya - True Love
15. Utada Hikaru - First Love
16. Gigi - 11 Januari
17. Memes - Selamanya
18. Naff - Akhirnya Kumenemukanmu
19. Kenny Loggins - For The First Time
20. Richard Marx - Now And Forever
21. Fly Me To The Moon
22. Celine Dion - Because You Loved Me
23. Afgan - Bukan Cinta Biasa
24. BCL - Karena Ku Cinta Kau
25. Joy Tobing - Karena Cinta
26. Vina - Biru
27. Tompi - Aku Jatuh Cinta

untuk lagu resepsi, pastikan nggak salah pilih lagu. pahami semua liriknya, dan pastikan nggak ada unsur sedih atau melo di dalamnya. meskipun itu lagu kenangan bersama. hari bahagia cuy... mosok melooooo....???

Monday, March 7, 2011

finnalllyyyy!!!

fyuuhhh.... akhirnya....
3 bulan yang penuh keribetan... 3x cuti yang selalu penuh dengan to do list.... terlewati sudah....
5 maret 2011, resmilah kami menjadi sepasang suami istri (hasyah... ;p)

seminggu sebelum hari H aku sempet kelimpungan, karena kata niken, jogja hujannya mengerikan setiap sore, deres sanget gitu.... akan tetapi puji Tuhan, dari hari rabu waktu pasang tarub sampai minggu sore waktu pembubaran panitia manten, cuaca di jogja sangatlah bersahabat. meski dibumbui hujan deras pada jumat malam waktu midodareni dan sedikit rintik hujan pada sabtu siang sehabis pemberkatan di gereja, acara kami sama sekali tidak terganggu akan hujan. coba klo pas hari H hujan, alamat cateringnya pada kuyub semua, orang meja nya di bawah tririsan air e... :D

hari-hari menjelang pernikahan sama sekali tidak ada pingit memingit. yang ada malah calon pengantennya ngluyur berdua nganter paket nasi ke bu djiyah, paesku, dan hunting jas sama sepatu buat calon misuaku hehehehe maklum jauh²an, jadi banyak item yang masih belum terselesaikan. tetapi untungnya, semua hal bisa selesai tepat pada waktunya. sovenir midodareni dan sovenir resepsi yang semula membuatku pusing karena musti ngemas 1-1, selesai juga dibantu nona-nona yang waktu itu tugas nyinom.
ngomong² tentang sovenir, salut sanget sama ibu dan niken yang bela²in bawa selimut dan tidur di ruang tamu demi lembur ngemas sovenir. benar² berdedikasi tinggi cuy!!! :D makasi...makasi....makasi... :)

tentang pernak-pernik pernikahan, secara keseluruhan semuanya memuaskan buatku. sovenir, kebaya, undangan, katering, paes dan semua-muanya sesuai dengan harapan kami (baca: ku :D). meski undangan 40% perlu disablon ulang dan sablon sovenir yang sepertinya gampang ngelupas, but i like it... warnanya, bentuknya... saya suka :)

2 hal yang kusayangkan kemarin adalah mepetnya waktu antara misa ke resepsi dan kasus beberapa sovenir yang terlewat nggak dikeluarkan waktu resepsi :D.

misa pemberkatan dimulai pukul 10 dan selesai sekitar pukul 11:30. angan² kami sebelumnya, jam setengah 12 acara di gereja sudah selesai semua, jadi bisa santai lanjut ke resepsi yang dijadwalkan jam 12:30 di rumah. tapi ternyata.... misa berlangsung lebih lama, dan sisa waktu ke resepsi sangatlah mefet sehingga kami harus langsung cabut karena kami hanya punya waktu 1/2 jam untuk ganti kostum resepsi yaitu dodot-kanigaran (paes ageng basahan tapi pakai kebaya). alhasil, tamu yang ikut misa banyak yang belum tersapa. maaaaafff..... :(
masih berhubungan dengan misa, kami juga menyayangkan karena tidak membuat lebih banyak teks misa. bayangan kami, seperti layaknya misa² manten biasanya, paling yang dateng ke gereja berkisar di angka 100, jadi kami hanya buat 54 teks misa. tapi buseettt... banyak banget yang mendoakan kami siang itu... jadi banyak lah yang ga dapet buku misa. sekali lagi maaaaaafff.... :(

hal lain yang kusayangkan, dan sampai sekarang seakan² masih belum ikhlas :D adalah sovenir yang lupa nggak dikeluarkan waktu resepsi ehehehe... maaf kalau banyak rekan yang nggak kebagian sovenir. semoga nggak banyak yang ngga dapet yaa.....

jam 11:50 kami cabut dari gereja, sampai di rumah tepat jam 12 siang. aku langsung dikerubung 3 orang untuk bantu ganti kostum dodot-kanigaran, sementara masku dieksekusi 2 orang. setelah 1/2 jam berlomba dengan waktu, penganten ontime keluar jam 12:30. upacara dimulai dengan adat jawa meliputi panggih, lempar sirih, basuh kaki, kacar kucur, suap²an, sungkeman, dan kemudian dipajanglah kami selama 2jam di pelaminan. senyam...senyum...cipika...cipiki...foto...gaya...salaman...bla...bla...bla... dan lama² baru terasa kalau dodot yang berat serta roncen melati yang terasa lebih berat lagi, telah sukses berduet maut hingga membuatku payah plus berasa mau pingsan di menit² terakhir 'jemur gigi' di pelaminan :D
tadinya waktu sanggul dipasang, sama sekali tidak terasa berat. waktu dipasang roncen melati juga belum kerasa berat (belakangan baru ketauan, entengnya tu karena roncen masih tersangga oleh paesku selama proses pemasangan). tapi begitu tangan paesku dilepas dari kepala, alamak..... kepalaku nyaris rubuh ke belakang karena shock dengan beban melati yang ternyata berat itu hohoho....

selama resepsi, karena panjangnya antrian tamu yang mau salaman, banyak teman yang terlewatkan nggak ambil foto bareng... huhuhu... :( beberapa kami panggil maju lagi ke pelaminan, tapi lebih banyak yang terlewat. jadi tips buat para penganten, klo di antrian tamu ada yang mau difoto, langsung ajak foto saja... bodo amat sama antrian yang panjang mengular, yang penting tetep gayaaaa.... heehehhe....

setelah resepsi selesai, keribetan terakhir hari itu adalah bersih² diri. baru ngerasain ternyata jadi manten tu susah juga bersih²nya. udah dibilangin bu djiyah sih, hitam² di keningku baru bisa hilang setelah 9x keramas. eh beneran euy... sore itu klo ga salah aku baru keramas 7x. ga nambah keramas lagi soalnya masih ada tamunya didik, jadi gabisa mandi lama². alhasil semaleman itu jariku masih hitam² klo garuk² rambut :D. keesokan harinya, setelah keramas 2x rambutku baru benar² bersih!!! olala.... pas 9x booo.... mandi besar beneran klo ini mah.......

keesokan harinya, kami kesiangan bangun padahal musti ngejar pesawat jam 7:30 ke sing. belum tetek bengek formulir di imigrasi. untungnya udah nggak ada fiskal lagi, jadi proses nggak terlalu lama. dan untungnya lagi bandara adi sucipto nggak seluas changi airport, jadi kami nggak perlu pontang panting lari ke counter cekin, imigrasi, dan boarding. itulah senengnya airport nggak gede² amat. di kala buru² ngejar pesawat, jarak antara counter cekin, gate dan landasan nggak jauh, paling cuman butuh 5 menit lari dari counter cekin ke pesawat hehehhe

begitulah sekilas cerita tanpa gambar tentang wedding ku.
capek......... tapi lega.... dan yang jelas kami bahagia ^_^

happy wedding..... :)

Friday, February 25, 2011

sovenir dan undanganku

dari awal, konsep yang aku dan masku mau untuk undangan adalah konsep slongsong bambu. dan kami tetap bertahan dengan konsep tersebut sampai hari pemesanan.

dan begonolah bentuk undangan kami. slongsong bambu dengan sablon nama dan tanggal hari bahagia kami di tengah bambu, dengan label alamat warna coklat, kertas undangan kuning gading dari bahan jasmine, dan pemanis pita emas setelah undangan digulung.

kertas undangan, cetak biasa dengan tinta emas di nama mempelai

undangan ini kami kemas sendiri, jadi mohon maaf kalau ada yang terlewat nggak kemasukan undangan hehehe.... ini kejadian beneran euy... ketauan 2 undangan nggak ada isinya. semoga nggak ada undangan lain yang tak berisi :D

untuk sovenir di acara resepsiku, kami (lebih tepatnya aku :D) memilih tas serut nuansa kuning gading dengan handel merah marun. semula aku pengen sovenir mangkok batok. tapi waktu aku bawa pulang placemate tenun dan ibu lebih suka placemate itu, aku berubah haluan ke placemate sementara batok dialihkan jadi sovenir buat acara midodareni. tetapi dengan pertimbangan klo placemate terlalu panjang buat dibawa, kan kasian tu ntar tamu² pada repot bawanya, atas saran dari niken, pindah lah pilihan ke tas serut ini...

tas serut nya dikemas dengan pita merah marun garis emas, dengan tag nuansa merah marun. tak lupa di bagian tengah disablon nama dan tanggal kami. tadinya mau ganti inisial nama kami saja biar simple, tapi karena waktu aku telp ke penjualnya sudah terlanjur cetak, ya sudah... tetap sablon nama lengkap. tapi tetep cantiq kok ;) apalagi tambah aksesoris pita dan labelnya. like this pokoke...
*jadi merah marun aholic ni aku...

batok kelapa ditali pita untuk sovenir midodareni