Sunday, October 16, 2011

bumil: pelupa, hidung berdarah

PELUPA
banyak wanita hamil yang mulai merasa bahwa mereka mendapatkan kenaikan berat badan tapi kehilangan sel-sel otak. bahkan wanita yang biasanya boleh berbangga diri akan ketrampilan berorganisasinya, dan kapasitasnya untuk menghadapi persoalan yang rumit, tiba-tiba saja mereka mendapatkan dirinya melupakan janji² mereka, mengalami kesulitan memusatkan perhatian dan kehilangan ketenangan mereka. untungnya sindroma ini hanya bersifat sementara, dan seperti gejala² kehamilan lainnya, keadaan ini juga disebabkan oleh adanya perubahan hormon.
membuat catatan atau daftar tugas kecil akan membantu mental yang sedang kacau ini, juga menghindarkan anda dari kesalahan yang mungkin membahayakan seperti lupa mematikan kompor dsb.

MIMISAN dan HIDUNG TERSUMBAT
tersumbatnya hidung, seringkali disertai mimisan, adalah keluhan yang umum pada kehamilan, mungkin karena kadar estrogen dan progesteron yang tinggi beredar pada tubuh dan menyebabkan banyaknya aliran darah pada membran mulkosa dari hidung, membuat mereka menjadi melunak dan membengkak.
tersumbatnya hidung dan mimisan lebih sering terjadi pada keadaan dimana udara panas dan kering membuat kering saluran hidung yang peka.
penambahan 250mg vitamin C (dengan persetujuan dokter) dapat membantu menguatkan kapiler² dan mengurangi kemungkinan perdarahan.
perdarahan hidung membuat anda perlu menghembuskan guna membersihkan hidung.
pertama-tama tutup salah satu lubang hidung dengan ibu jari, dan dengan hati² keluarkan lendir pada lubang hidung pada sisi lainnya. ulangi untung lubang hidung sisi lainnya, lakukan secara bergilir sampai anda dapat bernafas dengan lega melalui hidung.

untuk menghentikan mimisan, lebih baik duduk atau berdiri sedikit miring ke depan daripada berbaring atau bersandar ke belakang. tekan kedua lubang hidung bersamaan dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk dan tahan selama lima menit. ulangi bila perdarahan masih berlangsung.

sumber:
Kehamilan: Apa yang Anda Hadapi Bulan per Bulan karangan Arlene Eisenberg, Heidi E Murkoff dan Sandee E Hathaway

nggak sengaja menemukan pembenaran akan gejala pelupa ku hehehe...
beberapa hari yang lalu juga hidungku mesti berdarah, tapi nggak sampai mimisan. tadinya kupikir normal karena suhu yang dingin, soalnya dulu juga sering waktu mandi, pasti bau darah di hidung. ternyata ada juga sindrom bumil yang mimisan atau hidung tersumbat.
anehnya, suami juga mengalami sindrom serupa, pelupa, dan waktu aku cuti kemarin 2x mimisan. hmmmm.... sepertinya gejala hamilku dibagi ke suami juga ni, pantes kehamilanku nggak rewel... :D

No comments: