Monday, May 17, 2010

Kepulauan Seribu - Tidung

Indonesia, 17-18 April 2010
liburan berlanjut ke kepulauan seribu. rencana jam 5an kita mo cabut dari hotel, tapi berhubung ada beberapa oknum yang susah bangun :), kita baru cek out dari hotel jam setengah 6an lebih. setelah agak lama nunggu taksi pesanan di depan hotel, dan sempet nyasar coz supir taksi ga tau lokasi pelabuhan muara angke, sampailah kami di muara angke jam 6 lebih, ga tau lebihnya berapa, yang jelas dani sama nining udah nunggu lumayan lama. sebelumnya aku bilang klo nanti telat nyampe muara angke bakal ditinggal, so mereka buru².. sampai² nining bela-belain ga muter balik kos ngambil hp waktu nyadar hp nya ketinggal... eh ternyata malah kami yg telat xixiixix maappp.... :)
sesampainya di dermaga, kapal yang ke tidung udah penuh sampai ke atap2nya. sempet takut kita ga keangkut saking penuhnya, tapi ternyata masih dapet juga kita tempat di atap meski dempet²an.
perjalanan mengarungi laut selama 3 jam yang agak menakutkan. secara kapal miring-miring, dan ga tau kenapa, aku lama² jadi pobia kemiringan. mungkin efek selama ini klo naik bis perjalanan dari rumah ke kantor ada titik di mana bis bisa miring banyak derajat, macam tinggal ngitung waktu kapan jatuhnya... aaarrrggghhhhh.... sereeeem...


salah satu kapal dari muara angke ada yang atapnya beratap, ada yang tanpa atap


dermaga pulau tidung

meski dapat tempat di atap, tapi ternyata asik juga (dengan catatan nggak hujan)... klo di atap bisa liat pemandangan laut lepas dan ga gerah. tapi musti waspada masuk angin coz sepanjang perjalanan kena angin mulu.
setelah perjalanan yang cukup lama, dan hebatnya nggak ada di antara kami yg mabuk kecuali Pay yang agak KO, sampailah kita dengan selamat di dermaga pulau tidung besar pukul setengah 10. langsung ketemu dengan pak Wardi yang bantu kita nyariin penginapan selama di pulau tersebut, dan dibawanya kita ke rumah yang kita sewa.


rumah kami selama di tidung

lumayan besar dan bersih. ada teras, kamar tengah, 2 kamar dengan kamar mandi dalam dan ruang tamu. ibunya baik banget, bantu bangunin kita dan ngebolehin mandi di rumah dalem klo kamar mandinya kurang. jadi rumah ini adalah rumah penduduk yang disewakan. penghuni rumah menggunakan rumah bagian dalam, sementara rumah bagian depan disewakan.


'luxurius lunch'


berpose di depan rumah dengan empunya rumah dan pak Wardi

setelah makan siang yang 'mewah' klo dibandingkan menu maksi di kantor :D, dan istirahat barang 1jam, cabutlah kita untuk snorkeling ria. rencana mau 3 pulau, tapi berhubung ombak gede, kita cuman sempet snorkeling di 2 pulau yaitu pulau tidung dan pulau karang beras. sayang ga sempet lagi ke pulau air coz ombak udah terlalu gede.
btw buat yang ga bisa renang, jangan khawatir... asal ada pelampung mah aman... terbukti sebagian besar dari kita ga bisa renang, tapi tetep bisa ber-snorkeling ria dengan suksesnya :)


sebelum masuk ke kapal snorkeling


di kapal perjalanan mau snorkeling


all team

perjalanan balik ke tidung amat sangat menantang. ombak nya gede banget!!! badan yang udah mulai kering jadi basah lagi kena ombak yang terlalu besar. huahhhh... pokoknya seru abissss.... tapi awas mabuk laut hehhehe...
kora-kora nya ancol, arung jeram, kalah!!! hampir 2jam lebih kita terombang ambing di laut. udah pasrah aja misalkan kapal kebalik saking kencengnya ombak. emang sih kita pake pelampung, meski mungkin ga terlalu banyak membantu coz anginnya gede, setidaknya kita jadi lebih PD klo nyemplung maupun tercemplung laut :D


abis balikin peralatan snorkeling pose bentar mbandingin kulit yang jadi eksotis :D

setelah sampai di tidung lagi, kita pesen mie ayam yang lewat di depan rumah sembari antri mandi.
setelah mandi, kita jalan ke tepi pantai buat hunting sunset. agak susah cari tempat yang bagus buat liat sunset, secara kita belum tau lokasi. meski demikian, sunset kita kemarin ga mengecewakan. teteup... oks bangged......


sunset di tidung besar

setelah matahari tenggelam, dan setelah putu² bentar di pinggir pantai, kita pulang ke rumah. selanjutnya ada yang nonton tv, ada yang tepar, dan yang lainnya aku ga tau coz aku termasuk yg tepar :)
paginya, eh subuh keesokan harinya, dengan keterpaksaan untuk membuka mata, bisa juga kita bangun jam 5 buat hunting sunrise. untuk episode ini yang main cuman cewek² aja, yang cowok pada ga bisa dibangunin, dan mereka baru gabung setelah kami nyebrang ke pulau tidung kecil. dengan sepeda yang dianter pukul 11 malem hari sebelumnya, mulailah episode 'mengejar sunrise di pulau tidung'.
kita bersepeda ke ujung timur pulau tidung besar. di ujung timur ini ada jembatan yang menghubungkan pulau tidung besar dengan pulau tidung kecil, salah satu hal yang menjadi daya tarik pulau tidung.


jembatan penghubung pulau tidung besar dan tidung kecil


pemandangan di ujung timur pulau tidung besar

sesampainya di ujung timur, hari sudah mulai terang, sempet takut jg matahari ketutup mendung, tapi ga berapa lama matahari muncul juga... dan tadaaaa.... jadilah episode ini happy ending dengan sunrise yang super bagus....



sunrise di ujung timur pulau tidung

setelah puas bernarsis ria dengan sunrise, kita jalan menyeberang ke pulau tidung kecil, dan bermain-main sebentar di sana. jembatan berujung di pantai ini:



pemandangan di pantai ujung barat tidung kecil


full team tanpa indra sama yang moto :p

abis itu balik lagi ke tidung besar, beli mie sama es kelapa muda yang seger banget di deket jembatan tidung besar, lalu pulang. lapar. makan. dan ga mau menyiakan waktu yang tersisa, acara berlanjut dengan sepedaan menyusuri pantai ke arah barat. target kita adalah sampai ke ujung barat tidung besar.


jalan setapak untuk sepeda di pesisir tidung barat


sepedaku dan pantai barat tidung besar

untuk episode kali ini cuman 8 orang yang ikut. yang lain tidur sama mandi di rumah.
kayuh..terus..kayuh..terus... dan sampailah kita di pesisir barat pulau tidung besar....


pesisir barat pulau tidung besar

tak terasa jam udah menunjukkan hampir jam 11. waktunya pulang. mandi. packing... dan berangkatlah kita ke dermaga.
berhubung kita tadi telat pulang, telat pula kita sampai ke dermaga hehehe. kapal udah penuh dan siap berangkat. untungnya ada kapal kloter kedua yang berangkat jam 3. agak ketir², secara aku musti sampe suta sebelum jam setengah 7. tadinya kupikir perjalanan ini lebih cepat daripada perjalanan berangkat. tapi ternyata sama aja euy... sampai jakarta udah jam setengah 6. belum nunggu taksi yang berasa lama banget ga dateng². belum ngambil barang yang aku titipin di bandara. fyuhh... salting...
rombongan kemudian terpisah jadi 3. arah suta, gambir dan nining-dani ke arah kos mereka masing²


kapal yang membawa kita dari tidung ke muara angke

dan aku sampai di suta jam setengah 7. aku, niken, indra sama² terbang jam setengah 8. jadi ga ada acara anter²an, setelah aku ambil bagasi di penitipan barang, langsung misahlah kami ke terminal masing².
aku langsung cek in. isi form imigrasi. dan untung bisa boarding tepat pada waktunya. paling tidak ada yg lebih telat daripada aku hehhehe.
tips yang bisa diambil dari liburan kali ini:
- mending sewa travel buat muter² jakarta klo ga tau jakarta dan bakal seharian jalan² dengan banyak tujuan. dengan kurang lebih 300rb kita bisa muter² 24jam. ga mikir macet, ga mikir arah jalan lagi. cukup duduk manis di mobil, tau² udah sampai tujuan.
- klo butuh titip barang sebelum terbang, di bandara ada jasa penitipan barang. di pintu kedatangan terminal 1 dan 2. berhubung kemarin aku ga punya tiket, jadi ga bisa masuk lewat pintu kedatanga. setelah telp jasa penitipan tsb, ada pegawai dari dalam yang jemput aku di luar. baru aku bisa masuk meski ditegur beberapa security coz koperku masuk area bandara tanpa ngelewatin x-ray hhehhehe. tarif nya per kilo per hari. sebenernya jasa ini ga begitu dibutuhkan kebanyakan traveler, perjalananku kali ini aja yang aneh. mo training malah tetep liburan ke pantai yang alamat basah2an. jadi koper yang mau aku bawa aku titipin di bandara biar ga repot musti ngambil di kos temen sehabis dari tidung. dan gara² ini, aku baru ngerasa klo jasa ini sangat berarti :D
untung aja dititipin di bandara. coba dititipin ke kos temen dengan kondisi kapal dari tidung telat gini. alamat ketinggalan pesawat dah...
- biarpun ga terasa panas, pakailah jaket. terbukti kemarin aku jadi tambah geseng gara-gara sepedaan ga pake jaket di siang bolong. tangan perih coz saking panasnya.
- begitu dari tidung, klo butuh taksi mending langsung pesen kira² setengah jam sebelum mendarat. jadi ga begitu lama nunggu taksi di dermaga
- ga semua taksi paham lokasi muara angke, jadi ati² aja, sebutin pelabuhan yang mo ke kepulauan 1000 yang ada pasar ikannya. lokasi pelabuhan ini deket pegadaian dan pom bensin. dan satu lagi petunjuk, pelabuhan ini bau banget :D bau ikan gitu...

budget dasar untuk perjalanan kali ini:
- kapal muara angke - tidung @33000
- penginapan 300rb buat rame²
- sewa kapal 400rb buat rame²
- sewa alat snorkeling 35rb per orang
- makan 4x 60rb per orang
- sewa sepeda 15rb per orang
- kapan tidung - muara angke @33000
- cemilan 100rb buat rame²

jadi kira² kemarin budget 248rb belum termasuk transport dari dan ke muara angke, jajan, hotel di jakarta, dan tetek bengek yang lain.
btw di tidung udah banyak tersedia air mineral dengan harga 5rb an botol besar, jadi jangan takut bakal dehidrasi di sana. apalagi kita bisa minta dispenser sama tuan rumah dengan sedikit tambahan biaya. jadi buat yang ga mau repot bawa air mineral dari jakarta, jangan khawatir coz kita bisa beli di tidung.
yang perlu dipikirkan adalah cemilan selama perjalanan muara angke-tidung. secara kebanyakan mesti pada belum sempet sarapan, jadi butuh cemilan biar nggak masuk angin

3 comments:

Retty said...

Fotonya keren-keren banget...salam kenal ya...

duweek said...

iya... pantainya keren banget....
salam kenal juga :)
terimakasih sudah berkunjung :)

Anonymous said...

Mau coba lagi...