Sunday, June 13, 2010

liburan dalam tanda kutip

April 2010, 18-25 (telat sanget yak... ;p)
cuti kemarin aku dapet tugas ngangsu kawruh ke singapura sama BK. berhubung rencana ke kepulauan seribu udah mateng sejak dahulu kala dan nggak boleh diganggu gugat :p, training yang tadinya cuman 3hari, aku minta dijadwalkan tanggal 20-22 April. rencana semula ke tidung 17-18, 19 siang baru berangkat ke Sg, jadi siangnya masih sempet jalan² dulu.
ternyata oh ternyata... training dibulatkan jadi 5 hari dari senin-jumat 19-23. huahhh... alamat dari tidung musti langsung terbang lagi.... sempet bingung nyari tempat buat titip koper, secara aku pasti bawa beberapa baju dan tetek bengek lain yang diperlukan selama tugas. rencana mau nitip di kos temen, tapi bingung coz kos temen nggak ada yang searah muara angke - cengkareng.
beruntung setelah browsing² dapet info klo di bandara ada jasa penitipan barang di terminal 1 dan 2. senangnyaaaaa..... jadi begitu sampai jakarta tanggal 16, barang langsung aku titipkan di jasa penitipan barang tersebut, dan aku ambil sepulangnya dari tidung.
aku berangkat penerbangan jam 19.30 dari suta dan sampai changi sekitar jam 22 ws (waktu singapura :D). udah malem banget. mana pertama kali masuk changi lagi. begitu keluar dari imigrasi puyeng nyari pull taksi ada di sebelah mana, secara aku lihat di dekat pintu keluar cuman ada semacam persewaan mobil. coz ngira pull taksi jadi 1 sama terminal bis, aku turun tapi di sana cuman ada bus doank. nanya ibu², katanya pull taksi di level 2. akhirnya naik lagi. ternyata.... pintu keluar ke pull taksi ada di sebelah persewaan mobil tadi. olala.... dasar mata udah mulai labur, ga liat aku pintu itu.
perjalanan ke hotel di kawasan bugis kira² 30menit. langsung cek in dan tepar dengan suksesnya.
sebelum berangkat, kita sempet pusing masalah hotel. berhubung peak season, hampir semua hotel bintang 3 di Sg full book!!! tanya² ke beberapa travel agent di tembagapura, jogja, jakarta dan medan, semua bintang 3 full book. malah dikasih bintang 5 yang katanya masih ada kamar. ya kita sih mau mas masuk bintang 5, tapi duit cuman cukup buat berapa hari klo nginep di sono...? hohoho...
baru kali ini mau cobus puyeng mikir hotel. berhubung udah naksir ibis, sementara status di travel agent full book semua, akhirnya kita booking lewat salah satu situs hotel yang status kamar masih available. harga yang normalnya cuman SGD120 melonjak jadi USD150. buset deh... padahal di indonesia, ibis 500rb juga dapet. klo di Sg harga segitu cuman dapet hotel bintang 2.
aku suka hotel ini coz deket dengan albert complex yang terletak di belakang hotel, food court dengan berbagai macam menu, jadi kami nggak perlu jauh² klo nyari makan. dasar lidah jawa, selama di Sg aku males nyoba² makanan baru. paling banter ramen, dan macam² mie yang nggak paham aku apa namanya. selain itu paling bubur ayam dan nasi lemak hehhehe... nasi lemak hampir sama dengan nasi uduk di jawa. tapi mahalan disono. rata-rata SGD 1,5-2. yah memang di Sg apa2 mahal... taksi aja cuman 30km bisa habis SGD 15. aku kemarin paling murah naik taksi SGD 6,5, itupun ga ada 10menit. meski mahal, yang namanya taksi susah euy dapetnya. kebanyakan penuh, apalagi jam pp kerja atau makan siang. mending naik mrt dah....
terus hotel ibis ini juga deket dengan pusat perbelanjaan bugis. jadi klo mau belanja oleh² tinggal jalan, 5 menit nyampe. oleh² bisa ditaruh di kamar lagi, baru lanjut jalan... jadi bawaan nggak banyak :D *like this much!! :)

sekitar tempat training

5 hari training kami ga sempet kemana-mana. pulang training paling baru keluar hotel lagi jam 6an. 5 malam kami habiskan diantaranya ke singapur flyer, safari night, funan liat2 elektronik, kawasan rafless dan orchard.
singapore flyer kayak kincir angin, tapi gede banget. kita bisa liat singapura dari atas, baik siang maupun malem. klo kita beli tiket online, dapet diskon 20%. jadi, online aja... lebih murah :)
safari night tak terlalu istimewa, kecuali kita bawa jalan anak² yang mesti bakal seneng dengan yang namanya 'kebun binatang'. jadi safari night adalah kebun binatang di waktu malam. kita muter²nya pake kereta. nggak recomended deh buat yang udah dewasa.
nah waktu di orchard, kami ketemu avatar yang lagi promo tv apa gitu. lucu... serasa di pandora hihihi....

singapura dari atas

kawasan rafles... lampu..lampu dan lampu... *like this

orchard waktu malam. lampu di mana-mana

a.v.a.t.a.r :)

hari sabtu kami berencana mo ke USS di sentosa island, tapi berhubung sibuk pindah hotel (berhubung budget hotel membengkak dari anggaran semua, biar ngirit kami pindah ke hotel di balestier road), kami baru nyampe USS jam 4. sayang klo masuk padahal udah jam segitu, lagian tiket udah habis, jadi kami cuman numpang putu² doank. hmmm..... kemana-mana mah yang penting putu²nya... ;p

USS dari luar

masuk ga masuk, yang penting nampang ;p

di sentosa kami sempet bingung dengan peta yang ada. di sana ada free bis, nanti kita tinggal pilih jalur yang arahnya ke halte yang kita diinginkan. di siloso, BK dan keluarga masuk ke underwater world. berhubung udah 2x masuk seaworld, aku males ikut. jadi aku main ke siloso beach yang waktu itu penuh dengan orang² india. biasa aja menurutku... bagusan tidung banget.

siloso beach

coba indonesia lebih fokus ke pengembangan di sektor pariwisata, dijamin ga kalah dari singapura deh pendapatan dari sektor ini... pengalaman ke singapura membuat jiwa nasionalisme jadi bangkit, bangga banget sama negriku dengan aneka ragam budaya dan keindahan alamnya. i loph u pull!!!
btw kemarin ada pengalaman dengan orang india di sentosa. waktu itu kan berhubung musti gendong agatha, anaknya BK, tempat hp ku ketinggal di bis. nyadarnya waktu udah di siloso beach. untungnya waktu di telp, ada yang angkat, dan kita ketemuan di halte kami sebelumnya. yang nemuin bapak², orang india hehehhee... bakal pusing dah klo ilang, secara 2 hp di situ, kartu mrt, kunci hotel.... huhuhu.... slamet...slamet...
abis dari siloso, kita ke USS buat putu² :D lalu pulang naik mrt sentosa express.
jumat-sabtu kami pakai jasa tour bis dengan harga SGD33. dengan tiket ini, selama 2 hari kami bisa naik bis tingkat yang atapnya terbuka untuk keliling singapura, dan berhenti di halte-halte tertentu di pusat kota. jasa ini juga menyediakan rute ke sentosa. jadi lumayan lah, bisa 2hari keliling liat² kota singapura. itung2 buat ganti naik mrt yang rata² SGD 2 per rute. dengan tiket ini kita juga bisa dapet paket river cruise. naik kapal keliling sungai di singapura di waktu malam. pemandangannya bagus banget!

pemandangan waktu river cruise

bis atap terbuka

hari minggu, untuk menghabiskan waktu, aku ke gereja katolik di novena. berhubung ngejar waktu, aku naik taksi. gereja ini berada di deket stasiun MRT novena. nanti keluar dari stasiun ambil arah kanan (aku nggak tau pintu keluarnya ada berapa tapi hehhehe)

gereja Novena

waktu itu kebetulan lagi ada misa. tapi aku datengnya pas homili :D jadwalnya mulai jam setengah 9 kalau nggak salah.
kata temenku klo kita berdoa di gereja tsb, kemungkinan besar terkabul. percaya nggak percaya sih... tapi nggak ada salahnya dicoba :) jadi kemarin aku sempatkan diri untuk mengajukan beberapa permohonan. semoga terkabul. amin. :)
abis dari novena aku ke mustafa center di little india. kelamaan cari oleh², aku baru keluar jam 10.45. pikirku changi kayak indonesia, telat dikit gpp :D ternyata, supir taksi bilang klo aku ga nyampe changi 1jam sebelumnya, tiket bisa di cancel. whaaaatttt? panik mode: ON!!! penerbanganku jam 12.25, sementara aku baru balik hotel jam 11.00. belum cek out, belum cari taksi, belum perjalanan ke bandara yang makan waktu 30menit an. hwaaaaa...... langsung deh mpe hotel packing kilat, terus cek out. untung taksi cepet dapetnya, dan aku nyampe bandara jam 11.25. 1 jam pas! masuk mo cek in bingung nyari counter ga*uda sebelah mana, abis banyak banget counter di sana. btw klo masalah cek in, paling enak di KLIA. semua maskapai bisa cek in di semua counter. di changi aku nyari di ujung timur, ternyata counter yang aku cari ada di ujung barat. fyuuuhhhh... untung belum telat.
abis cek in aku ke tempat penukaran pajak buat turis, tapi berhubung dapet nomer antrian gede, aku ga jadi antri. btw di singapura, kalau kita melakukan transaksi minimal SGD100 dalam 1 kuitansi sehari, pajak bisa diminta kembali di bandara. enak yah.... jadi klo kita beli elektronik itung² dapet diskon dari pengembalian pajak tersebut :)
sebelum ke ruang tunggu, aku nyari titipan parfum di dutty free. kelamaan pilih², tau² namaku dipanggil. hiyaaaaahhhhhh..... lari..lari..dan lari... mana gate nya jauh buanget... susah nyaaaaa klo bandara gede². dan kebetulan gate ku paling ujung. fyuuhhh.. mantab jauhnya!!!
untung aku masih pake kereta dorong, jadi ga masalah bawa tentengan berat yang isinya coklat. sampai gate, ditegur mbak² yang jaga, "kenapa bisa telat...?" hehhehe tapi ternyata di belakangku masih ada beberapa orang yang telat boarding hihihi.... beginilah klo kebiasaan cekin di negeri tercintaku :)
tentang singapura, tata kota dan MRT nya sungguh mengagumkan. bakal mengurangi macet banget tu klo di jakarta dikembangkan teknologi kereta mono rail ini. tapi sayang, sepertinya sudah tidak ada lagi space untuk rail dan stasiunnya.
di singapura mrt yang ada setiap kurang dari 10menit selalu penuh. macam semut mubal kalau pintu kereta dibuka, begitu juga waktu ceklog keluar. macam habis nonton konser di stadion. begitu banyaknya orang yang naik MRT membuktikan betapa MRT amat sangat mengurangi kemacetan!

'pintu masuk' MRT... klo di Indonesia dibikin kayak gitu, mesti banyak yang loncat, ga mau bayar

'peron' MRT

sebenarnya ga ada yang begitu spesial di sana. tapi berhubung kemarin, meski seminggu, aku belum sempet explore ni kota, aku masih pengen balik ke sana lagi, masih penasaran dengan negara kecil ini. kemarin iseng² cari tiket gratisan dari AA, aku dapet buat tahun depan hehhehe masih lama tapi yang penting free... :p tinggal nambah biaya bandara dan pajak doank. rencana 3hari 2malam di sana. pengen nyante jalan ngubek² singapura, secara kemarin kebanyakan training jadi ga bebas jalan².
btw kemarin belum poto sama merlion juga.... belum sah tu namanya... hehehhe

tips: waktu di bandara, ambil semua brosur yang ada. sangat berguna!! :)