Friday, April 27, 2012

lil G 2 bulan ini...

tanggal 18 kemarin gisel genap berusia 2 bulan. semakin gede, gendut ginuk ginuk, montok, pipi tembem, nggemesin, dan selalu jadi kesayangan kakung uti nya. klo gisel tak ajak keluar seharian, klo pulang pasti langsung diminta uti nya hehehe.... pernah uti lagi nyuapin mbah uyut, waktu aku dateng abis jalan², gisel langsung diminta sambil bilang ke kakung 'ini pak, gantian nyuapin mbah uyut...' hohoho... saking kangennya sama gisel.

pagi pertama di rumah

5d to 2mo

ekspresi kekenyangan habis nenen *masih ada asi di bibir ;p
jam tidurnya sudah mulai teratur, pup sekarang sehari sekali, tenaga sudah kuat, -keliatan dari tendangan dan tangannya yang mak bugh... klo tangan dijatuhkan ke perlak- udah bisa protes dan marah, -klo marah njerit kenceng banget-, udah bisa dililing, udah sering ngajak ketawa, dan udah sering ngoceh uu oo hughh....
sudah bisa miring tapi kadang nangis klo nggak bisa mbalik :D

digundul waktu selapanan (35 hari) jadi makin bulet :D

tentang miring, gisel pertama kali ketauan miring di usia 9hari, dengan posisi tanpa bantal waktu ganti popok. abis itu lama nggak miring, miring lagi di usia 18hari. dan sekarang makin sering miringnya setelah aku bereksperimen dengan bantal. ternyata bantal peyang menghambatnya untuk miring. gisel baru nyoba miring lagi waktu aku pasangkan bantal bayi biasa dan bantal dewasa.

miring pertama waktu 9d

2mo + 7d gendut gundul ginukginuk :D
pose lasak klo miring
bantal dewasa? yup... akhir² ini gisel lebih nyenyak tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. bermula dari sering ditidurkan di stroller, dimana dia lebih pules tidur disana dibanding di kasur, aku mikir kenapa bisa begitu... dan terpikirlah posisi kepala lebih tinggi sepertinya lebih nyaman untuk pernafasannya yang masih grok².

mobile bed nya gisel
gisel pules ditidurkan di stroller sangat menguntungkanku. dia jadi bisa dibawa ke mana², termasuk aku sanding waktu nyuci :D jadi cepat nanganinya klo gisel kebangun apa nangis hehe...
sekarang gisel sudah bisa diajak bermain. mainannya boneka ayam yang klo digoyang bunyi icik², dan boneka mr krab, hadiah dari temenku waktu mitoni di papua.
terus kemarin dia aku belikan icik² gara² waktu di pijat di puskesmas, gisel nangis, dan langsung diem waktu aku mainin icik² punya puskesmas hohoho... mainan gisel udah banyakk... besok hunting mainan lagi ya naakk...

G and her 1st toy...
sekarang gisel sudah rutin pake clodi tiap tidur malam dan pagi menjelang siang. biar nggak nangis klo ngompol terus diganti popok. jam² segitu klo tidur, trs diganti popok sering sewot, dan nangis kekejer... biar nggak terlalu sering nangis kagol, aku pakein clodinya. di luar jam itu, gisel masih pake popok biasa (yg masih muat :D) dan celana. maksudnya biar bisa genjah. soalnya clodinya masih agak bulky, jadi menghambat gerakannya.

clodi pertama G

gisel pertama kali pakai clodi di usia 40 hari. sebelumnya aku pernah coba pakaikan di usia sebulan waktu mau imunisasi, tapi sama ibu dilarang, soalnya masih kegedean dan gisel jadi ngangkang.
di usia 39 hari, gisel pertama kali rewel parah yang mbikin aku melek semaleman. tiap nenen, dia pipis, dan otomatis musti ganti popok. padahal waktu nenen udah tidur, jadi kagol kebangun gara² diganti popoknya. abis itu nangis minta nenen, pipis, ganti popok, nangis, nenen, pipis dst...dst... sampe pagi. berhubung capek, paginya aku nyoba ngutak atik clodi di patpatnya, dan ternyata bisa disiasati biar nggak terlalu bulky.... yippiii... jadilah sesiang itu gisel pake clodi, dan dia tidur pules.... *emaknya juga ikutan pules ;p
malemnya aku pakein lagi, dan dia jadi lebih pules tidurnya. abis nenen langsung tidur, nggak ada acara nangis. alhasil jam tidurku pun membaik :)

sekarang gisel punya 12 clodi dari 5 merk, 18 insert dan 20 liner.
linernya kebanyakan ya hehehe... ceritanya dulu pertama² kan pusing nyuci bekas pup klo cuman modal sabun mandi, butuh waktu lama untuk ngilangin noda (gak suka dengan bau pemutih). terus diatas popok kain biasa aku coba kasih liner, ternyata itu memudahkan pencucian. berhubung newborn baby pup nya masih sering, akhirnya liner 10 cepet habis. dan aku beli liner 10 lagi hehehe... sekarang setelah pup nya sekali sehari, baru berasa deh klo linernya kebanyakan hohoho...

tentang pospak, aku baru sekali pake diapers. 3 diapers dalam sehari waktu jalan² ke tempat simbah di prambanan gara² clodi belum kering semua. sepulangnya dari jalan², patpat gisel merah².... >,< akhirnya diputuskan tidak lagi pakai diapers, dan aku langsung hunting clodi lagi biar nggak kekurangan.
sempat tergoda akan beragamnya motif clodi yang lutchu² itu... untungnya motif lucu banyak yang nggak ready, jadi dompet terselamatkan hehehe... waktu itu aku cuman nambah 6 biji.
masih ada 2pcs diapers ukuran S dan 10 diapers ukuran M, entah kapan aku mau pakaikan ke gisel.

minggu kemarin abis vaksin DPT-polio, gisel sempet anget 18jam pasca disuntik. angetnya belum masuk kategori demam, soalnya waktu aku ukur suhu tertinggi 37,4. abis itu dia sempet pup ada bercak merah (darah?) nya, berlendir dan lebih kental dari biasanya yang sering berbuih. fyuuhhh... bikin panik.... apalagi habis itu gisel lemes dan tidur terus. waktu aku nanya ke dokter via sms, katanya itu bukan reaksi imun, tapi mungkin infeksi saluran cerna >,<

tenger-tenger bin lemes... karena nggak tega, aku coba kompres
gisel belum aku periksakan, masih mo mantau dulu pup nya selama beberapa hari.
memang sudah lama gisel pup nya berbuih terus. pernah baca, klo pup berbuih terus²an bisa jadi infeksi saluran cerna. tapi berhubung berat badan naiknya bagus, 1kg/bulan, aku jadi nggak mikir macem². tapi dengan kejadian ini, aku berencana bawa pup nya ke lab biar di cek ada bakterinya atau nggak.

tapi hari itu aku nggak ngelakuin apa², cuma kasih asi terus biar suhu tubuh normal. malam harinya suhu tubuh gisel sudah membaik, sudah ngoceh lagi waktu dililing, tapi keesokan sorenya badannya jadi anyep :S
tak peluk terus biar anget. dan kondisi membaik, badan anget lagi setelah dia pup banyaakk banget.... setelah seharian nggak pup. fyuuhhh.... ngampet pup to nduk....
habis itu dia nggak pup 2hari, dan setelah itu pup nya jadi sehari sekali tapi banyak.

saat ini pup nya sudah stabil sehari sekali dan buanyaakk... kadang 2x sehari tapi sedikit.
bajunya udah mulai pada kekecilan, tapi sepertinya masih bisa dipertahankan 1-2 minggu ini, soalnya kemarin aku beli baju usi 3-6 bulan masih kegedean e huehehe.... sementara cuci kering pakai ya ndukkk... toh masih ada beberapa baju yang muat hehehe...

sleeping G.. melek segan merem ntar dulu...
tentang dot, semula uti kekeuh pake botol sendok buat kasi asip ke G klo aku lagi pergi. ngeliat banyaknya asip yang tumpah gara² G banyak tingkah pas diminumin, aku beli botol dot 'burung dara' yang wide neck buat jaga². mikir² klo ke gereja kan enakan botol dot atau gelas mag² daripada botol sendok.
tapi dasar uti, nggak mau bibir cucu nya ndower kebanyakan ngedot ;p uti klo kasi minum tetap pakai botol sendok. baru kemarin waktu aku pergi kirim ater² ke sodara, uti nyoba pake botol dot. hasilnya....? G pinter looohhh... nggak bingung dot (klo puting kan bingung puting ;p). cuman di jilat² bentar, terus dinyut sama G. cepet habisnya, nggak kayak botol sendok yang musti tlaten sesendok demi sesendok. dan setelah itu, uti dengan cepat menjawab 'ya' klo aku bilang mo nitip gisel. hehehe.... jadi hobi kasi minum G pake dot setelah lihat gisel telap telep, lahap banget mimik pake dot :D
imuut.... *kiss..kiss..kiss...
halo cantikkkk...... ^.^

No comments: