Monday, March 5, 2012

finally... I'm a mommy....

setelah beberapa kali sempat tertunda, terabadikan juga bentuk perutku saat masuk usia 9 bulan :D
badan sudah mulai payah, gampang capek, kaki bengkak, tapi tetep semangat klo diajak ngemol ;p


males cerita panjang lebar, yang jelas baby G, - panggilan sayang kami buat si kecil- lahir HPL+4.
waktu HPL+1, dokterku bilang ketuban dan plasenta masih bagus, jadi klo sampai HPL+7 belum lahir, nanti coba dipacu. tapi waktu HPL+4 periksa, dan di CTG, gerakan janin sedikit meski sudah dirangsang dengan makan siang.
akhirnya..... diputuskanlah operasi cesar dilakukan hari itu juga.
aw..aw..aw... ke rumah sakit niat semula cuman mau kontrol rutin, ternyata langsung disuruh opname, dan nggak bisa ditawar, langsung cesar pula...
untung alat perang udah aku taruh di mobil, jadi nggak perlu repot ambil baju dan perlengkapan lainnya ke rumah.

singkat kata, entah karena shock cesar mendadak atau karena pikiran yang lagi galau -gara² kasurku yang 2 minggu sebelumnya dipake lairan anjing adekku :S, setelah dicuci bersih, pagi sebelum aku kontrol, kulihat ada noda pipis di atasnya. kyaaaaaaaaaa..... anjing nggak sopan.... udah dicuci bersih, eh... dikotorin lagi. mana udah waktunya lairan lagi... rasanya pengen nangis waktu liat tu noda bertengger dengan manisnya di kasurku... :'( - tensiku naik jadi 160 waktu diukur sebelum operasi, padahal paginya waktu kontrol tensi masih normal. dueng..dueng...
jam 2 keputusan operasi keluar, jam 3 aku dah masuk ke ruang op. aku tawar nunggu bapak sama ibu biar mereka nyusul ke rs dulu, kata susternya nggak bisa, soalnya udah ditunggu di ruang operasi. *emang kondisi segawat itu ya sampai nggak bisa ditunda? :D
jam 15:35 baby G lahir, dan aku keluar dari ruang pemulihan jam 18:30.
aku terbangun sekitar jam 9 malam. langsung minta HP ke ibu, sms misua yang waktu itu masih ngubur plasenta di rumah, terus nggak tau selanjutnya aku ngapain aja, sadar² sudah pagi.

waktu bangun keesokan paginya ada suster di sampingku lagi ngukur tensi, dan nanya aku, 'pegel-pegel nggak mbak?'
aku bengong dan ketawa heran kok susternya nanya gitu... selanjutnya baru aku tau klo ternyata malam sebelumnya aku kejang² dan njabut infus sampai berdarah², nyopot gelang rumah sakit yang sudah pernah kubuktikan klo tu gelang alot!! dulu aja aku musti pake gunting buat buka. hahaha... ternyata tenagaku kuat saudara!!! :D
setelah kejang dan ngamuk pengen bangun, semalaman tangan dan kakiku diiket. waktu kejadian, kata ibu ada 5 suster yang mengerubungiku hihihi.... nggak terbayangkan bagaimana bentukku kala itu :D
kata dokter, hal itu terjadi karena elektroda di badanku nggak kuat apa gimana kemarin aku nggak paham betul. yang jelas, puji Tuhan semua selamat...

aku baru bertemu G beberapa saat setelah aku sadar pagi itu. imuuuttt..... cantik.... senang sekali bisa melihat wajahnya, memeluknya... nyium G.... :*
karena 2 hari pasca operasi aku masih nge-hang, -otak rada lola juga buat mikir, sampai beberapa teman dekat lupa nggak tak masukin dalam list yang kukabarin berita gembira kelahiran G hehehe...-, aku nggak bisa kasi asi full kala itu. malam waktu si G mau diantar ke kamar abis lahir biar bisa asix, aku malah kejang... karena G nangis terus, sementara aku tidak memungkinkan untuk nenenin, jadi G dikasi sufor huhuhu...

aku baru mulai asix waktu pulang ke rumah, yaitu di hari ke 5. si kecil langsung pinter nenen, nggak ada kejadian bingung puting. rasa perih waktu pertama kali si kecil nenen karena lidah baby yang kasar ternyata nggak seperih dugaanku. cenderung nggak perih malah. perih itu baru timbul beberapa hari kemudian. tapi lama² juga ilang perihnya.

hari ini sudah hari ke - 16, dan kemarin, si G puput....
15 hari booo... lama sekali nak kau puputnya...
tapi apapun tentang G, semua serba pas.
waktu lahirnya, pas bapaknya cuti, pas mbah nya udah nggak ribet ngurus koperasi (tiap tanggal 12 ibu sibuk ngurus koperasi di desaku), dan pas bertepatan dengan 1 tahun pernikahan kami menurut kalender jawa :)
waktu puputnya juga pas bapaknya di rumah, pas mbahnya belum sibuk ngurus koperasi, dan pas budhe dan buliknya pulang... mereka bikin kejutan, tau² nongol di rumah demi untuk melihat G :) aya'...aya'... wae.... nggak ada 24 jam di jogja, bela²in pulang sehari ke jogja demi si G hehehe...

sudah 16 hari...
sudah makin besar, nangisnya kenceng klo laper. tapi klo kenyang, kerjaannya tidur mulu... :D
suka memandang wajahnya.... menunggu senyum manis berlesung bibir tersungging di bibirnya...
suka memeluknya, merasakan hangat tubuhnya di pelukku...
suka memainkan jemari mungil nan gemuk itu... membiarkan jemari itu menggenggam erat jemariku...
suka mencium pipinya.... merasakan aroma wangi bayi dan kecut khas baby dari tubuhnya...
'lil G... 'lil G... 'lil G....
semakin hari, semakin aku jatuh cinta padamu... :*

No comments: