Friday, February 18, 2011

pre wedding

hhehehe jangan harap bakal nemu foto² sepasang insan narsis di sini, yang ada hanyalah celoteh mengenai keribetan² selama masa persiapan pernikahanku bulan depan. secara aku sama masku jauh²an, jadi nggak sempet bikin acara poto²an, so... this is it... our pre wedding... :))

nikah? hmmm.... nggak ada angin nggak ada hujan, tau² ada artikel pre wedding aja...
cerita berawal dari cuti beberapa bulan yang lalu. masih dengan sisa² mangkel gara² jadwal pesawat yang mundur, waktu di travel menuju jogja pikiranku mengembara ke mana². dan tercetuslah ide untuk mengakhiri masa lajangku... prikitiew.... :D

berhubung aku punya tiket wisata 0-0 rupiah ke sing untuk 6 maret ini dari salah satu 'maskapai banyak promo' yang aku beli juni tahun lalu, kepikiran lah nikah sebelum tanggal itu. dan begonolah, rencana ke sing yang semula hanya backpakeran berdua, jadi 'hanimun' hohoho....
setelah hitung menghitung dengan nas leluhur kami, dapatlah tanggal 5 maret sebagai hari bahagia kami. agak maksa sih, kan pas nyepi. tapi tak apa lah, berhubung tanggal merah jadi temen dan sodara ga perlu cuti banyak² buat datang ke acara kami :)

oktober
cuti oktober, setelah masku 'nembung' ke bapak-ibu, hal pertama yang sempat kulakukan di sisa cutiku adalah survey kain kebaya buat pemberkatan nikah. setelah hunting di toko² kain seputar malioboro dan jalan solo, dapat lah 2 kain kuning gading - broken white di jalan solo. yang satu 125rb per meter, yang satunya lagi karena bagus plus harga miring - 47500, aku ambil lah... meski belum kepikiran mo dibuat apa. la murah jhe... kan itu yang penting dalam dunia shoping-menyophing hekekekke.... ;p

setelah balik ke site, aku mulai browsing² tentang sovenir, undangan, dan blog walking, cari blog yang memuat jurnal seorang capeng. dapet banyak ilmu dari blognya mba tya ini. mulai dari syarat² administrasi di gereja, konsep pernikahan, tips catering, sovenir dsb....

konsep yang kudapat setelah browsing²: undangan slongsong bambu dengan kertas yang dikasih pita, dan memory trees buat ganti foto² prewed waktu resepsi nanti :D
tadinya rencana cuman mau pasang 2 foto kanvas, tapi liat konsep memori trees di blog nya mba tya di atas, aku tertarik pak!!! daripada foto² gede yang nantinya nggak tau mau di taruh dimana, mending foto² kecil yang dipasang sedemikian rupa, kan nantinya bisa dipasang di album poto :)

desember
cuti desember, dengan berbekal segepok info dari blog2 wedding journal, dan alamat² penjual slongsong bambu di jogja, mulailah aku hunting ke alamat² yang aku dapat. kebanyakan aku tanya via telp dulu, yang aku datangi cuma yang kasih harga 5 tertinggi paling murah. mulai dari mblusuk² di pasar beringharjo, sampai nuntun motor gara² alamat yang aku dapat ternyata ada di gang yang motor musti dituntun o.O
untuk slongsong bambu, akhirnya kuputuskan pesan di toko sovenir di jl mataram, gang kecil depan toko kaset popeye. aku pesan 500pcs, diambil januari akhir waktu cutiku selanjutnya.
hal lain yang aku lakukan cuti ini adalah masukin kebaya ke penjahit, -dalam hal ini aku pilih rumah mode michael di timoho, selatan rel kereta api, -cetak undangan, dan booking paket paes-catering untuk tanggal 5 maret. waktu ke rumah bu djiyah, calon paesku, aku liat beskap merah marun yang cantik warnanya. aku langsung jatuh cinta dan kepikiran pakai nuansa merah marun untuk resepsi nanti... so, kuning gading - broken white untuk pemberkatan, dan merah marun untuk resepsi. sah!!! ^.^
untuk undangan, aku pakai kertas jasmine warna kuning gading, dan aku cetak di daerah tamansiswa. pita nya nanti pakai pita emas.

ngomong² tentang percetakan, aku jadi tau sedikit tentang ilmu cetak mencetak. jadi harga cetak tu dibandrol per 1000 lembar. so, berapapun kita cetak, asal di bawah 1000, harganya sama dengan cetak 1000lembar. harga cetak juga beda antara 1 warna dan banyak warna.
hmmm.... tambahan ilmu tentang cetak mencetak nih ;)

untuk tag undangan, maupun ucapan terimakasih di sovenir, aku ke digital printing dengan harga rata² 5-6rb per A3, udah full color. untuk foto² buat memory trees juga rencana aku mo ke digital printing aja, lebih murah daripada cetak di counter foto :D

januari
januari akhir aku cuti lagi. langsung ambil slongsong bambu, ambil undangan, ngemas undangan, KPP (kursus persiapan perkawinan) di semarang, fitting kebaya, pesan sovenir, dan cari kotak hantaran di beringharjo.
untuk undangan, bapak-ibu dan niken amat sangat membantu sekali. rencana aku mau kemas sendiri, nggak tega euy ngerepotin mereka. tapi ternyata, sepulangnya dari KPP, sebagian besar undangan sudah terkemas dengan rapinya di ruangan tengah :). padahal ngemasnya sendiri perlu proses lama, bersihin slongsong pakai sikat, gulung undangan, kasih pita, dan pasang tag. thanks much deh for all of them.... :)
*rencana mau foto mereka pas ngemas undangan buat behind the scene, tapi gara² aku lagi ga fit, jadi ga mood mengabadikan moment tersebut hikshikshiks... :(

KPP adalah kursus persiapan perkawinan yang wajib diikuti pasangan Katholik sebelum menikah. rata² makan waktu seminggu, tapi di gereja Atmodirono Semarang, paketnya 3 hari dari jumat - minggu. tadinya mau ke karangpanas, semarang yang syarat administrasinya mudah, dan 5hari senin-jumat, jadi bisa dipasin waktu aku cuti. tapi setelah dapat info klo atmodirono paketnya 3hari pas wiken, aku sama masku putuskan ambil paket itu. dengan pertimbangan, waktunya pas aku cuti, dan cuma 3hari, jadi ga capek PP kudus-semarang. secara aku tinggal di kudus selama kursus.
KPP yang selama ini aku dengar dari temen² tu ngebosenin, bikin ngantuk, tapi ternyata di atmodirono lain euy... pembimbingnya asyik², banyak share tentang pahit manisnya hidup berumahtangga, pengalaman² mereka, diskusi kelompok dsb.
materinya juga ga ngebosenin, antara lain tentang pernikahan dalam sudut pandang agama Katholik, suka duka hidup berumah tangga, cara berkomunikasi dalam rumah tangga, seks dsb.

sebelum ke kudus untuk ikut KPP di semarang, kondisiku drop pak!! tengah malam tau² mual², yang notabene alamat maag ku kambuh. belum lagi batuk gara² makan bakso di daerah timoho habis lihat kebaya. ini bukan sembarang nge-judge klo penyebab sakitku tu bakso itu lo, la aku sama niken sama² batuk abis makan tu bakso je... padahal ga pesan es, lak yo bakso itu lah satu²nya tersangka penyebab batuk kami :S
*sampe sekarang batuknya belum sembuh, padahal udah 1 bulanan >.<
so, dengan kerjasama yang cantik antara maag, batuk dan sariawan di lidah, tumbanglah aku. KPP hari pertama nggak bisa konsen sama sekali, mual² di kelas, 'nggregesi', plus mata berasa sangat berat. tapi syukurlah setelah seharian tidur, hari kedua bisa kulalui dengan lebih enjoy. no ngantuk anymore.... tapi akibat duet maut maag dan sariawan, aku seminggu ga doyan makan nasi. lidah sakit banget buat makan yang keras². jadi aku cuman doyan makan bubur sama minuman yang seger². alhasil, waktu fitting kebaya 1 minggu berikutnya, kegedean semua pak!!! :D kebayanya dikurangi 2cm kanan dan 2cm kiri. setelah fitting, tugas beratku adalah menjaga kestabilan berat badan, secara klo aku jadi gemukan lagi, alamat kebaya ga muat donk di hari H... olala....
*ini udah mulai naik 1kg, setelah kemarin turun 3kg. semoga stabil...semoga stabil...

untuk kotak hantaran, aku survey di kado kita dan satu lagi toko pernik² wedding di jl brigjen katamso. di kado kita kemasan hantarannya cantik² euy... tapi berhubung sayang bayar segitu buat ngemas hantaran, aku dapat inspirasi buat ngemas seserahan sendiri. latihan buat ngemas seserahannya mba no, niken sama wida nanti xoxoxoxo...
survey di kado kita, tapi beli kotaknya sendiri teteup... beringharjo is the best :)
banyak macam sovenir, kotak hantaran, dan undangan di sana. semula aku cuman tau bagian sovenir yang di lantai 1, tapi niken ternyata lincah, dia survey sampai di lantai 3, pojok timur, yang harganya lebih miring dibanding lantai 1. termasuk slongsong bambu, bisa dapet harga lebih murah 400perak daripada tempat aku pesan kemarin.
olala.... tau gitu kemarin survey dipusatkan di beringharjo sajah. tapi di tempat aku pesan kemarin juga ga mengecewakan dink, warna sablonnya bagus, merah marun. ga kayak beberapa slongsong yang aku liat sablonnya item. hmmm..... i don't like it.

untuk sovenir, karena udah hari terakhir di jogja, dan ga sempat muter² lagi, aku pesan di tempat yang sama dengan slongsong. mahalan sih, tapi gimana lagi, udah ga keburu je.... tadinya mau placemate kain tenun, tapi dengan pertimbangan barangnya panjang, kan kasian tamunya tu... aku ganti ke barang yang lebih kecil.
apa itu? liat ntar aja deh... :)
kemarin sablonannya mau aku ganti inisial aja, biar lebih nggak kentara kalau sovenir, tapi udah keburu cetak, yo wis.... pasrah saja dengan desain semula.
*semoga bagus...semoga bagus.....

untuk catering, sempet pusing, ga tau musti pesan berapa. secara total undangan dengan undangan via email - sms - telp belum pasti jumlahnya. takut kurang, takut mubazir. tapi setelah browsing², dan ternyata semua tips merefer ke angka yang hampir sama, jadi agak tenang lah aku, ada pandangan nanti mau menu buffe berapa, gubug berapa.

over all, aku memang nggak di jawa, nggak bisa mantau semua pesanan²ku, rencanaku, tapi thanks God, semua berjalan sesuai rencana dan harapan kami. cetakan undangannya bagus, slongsong juga sablonannya bagus meski sebagian perlu disablon ulang karena ngelupas, kanonik dan administrasi gereja sudah beres, dan waktu cuti yang pas, jadi aku bisa cuti 1 bulan sekali sampai maret nanti.
*tapi abis itu 10minggu ga cuti huhuhu....
niken juga untungnya bisa meluangkan waktu di tengah² kesibukan kuliahnya untuk survey, kirim undangan, bikin tag list, cari itu, cari ini, so.... aman lah meski aku di ujung timur sini :)

di detik 2 minggu menjelang hari H ini aku cuman bisa berdoa, semoga semuanya nanti lancar, dan ga melenceng dari harapan. i wish.... :)
*cemas.com, secara aku belum liat dan fitting kebaya buat resepsi o.O

1 comment:

Anonymous said...

selamat menempuh petualangan baru wik. pernikahan yang baik dan benar (macam eyd) akan membagi semua sedih dan gundahmu dan akan menggandakan gembira dan senangmu dengan bilangan tak hingga.

trust me. meski banyak bercanda. kadang kalau pas bener, omonganku juga bener kok.