Wednesday, January 4, 2012

resiko melahirkan: sedikit tentang lilitan tali pusat dan ketuban bocor

ternyata resiko melahirkan tu memang banyak, bermacem², dan nggak semua bumil mengalaminya. kemarin temenku ada yang ngelairin, nggak terdeteksi aneh², cuma denyut jantung baby to be sempat melemah dan kemarin di dapuk cesar sama dokter karena belum ada tanda² melahirkan sementara HPL sudah lewat. setelah cesar baru ketauan klo perut nya kebelit tali pusat o.O katanya sebelumnya pernah ada kasus yang sama, nggak ketauan, dan dipaksa lairan normal. akhirnya bayi nya nggak terselamatkan huhuhu... :(

klo tetanggaku, air ketubannya bocor. jadi pas lairan sempet kekurangan air ketuban, dan baby nya keriput² gitu sewaktu lahir. katanya sih waktu hamil emang sering ada cairan ngerembes, dikirain keputihan biasa, dan memang keputihan kan hal biasa selama masa kehamilan asal nggak gatal. tapi ternyata memang kita harus waspada, klo cairan yang ngerembes banyak, perlu dikonsultasikan ke dokter.

hmmm... bumil memang perlu baca banyak forum dan share pengalaman sesama ibu hamil. banyak sekali pengalaman² masa kehamilan dan melahirkan yang perlu diketahui.
padahal jaman dulu tuh hamil dan melahirkan nggak macem², normal² aja yaa... sekarang banyak banget kasus. sama aja kayak penyakit yang makin ke sini makin aneh² aja.

semoga kita nanti aman dan sehat ya nak yaaaa....

*update...
tentang lilitan tali pusat, sebenarnya tergantung panjang-pendeknya tali pusat si baby to be. terlilit 2x juga nggak masalah klo tali pusat panjang. klo pendek, secara nalar, otomatis tali pusatnya ngiket janin, jadi janin susah keluar

No comments: