Tuesday, January 31, 2012

transfer phonebook dari sony erricson ke nokia

bertahun-tahun maniak sony erricson, begitu bapak ganti merk ke nokia, kelimpungan gimana caranya transfer phonebook dari soner ke nokia.
2 hari ngutak atik, mulai dari send all contact yang ternyata di nokijong kebacanya cuman 1 kontak.
mau send 1-1 kok males amat, alamat gempor ngirim 200 kontak 1-1 >,<
waktu nyoba backup-an phonebook dalam format cvf dikirim ke komputer, terus di transfer ke nokijong, hasilnya masih sama, contact yang kebaca cuman 1 biji.

akhirnya cara terakhir copy dari sim card ke phone book. untung bapak bukan tipe orang yang nyimpan banyak nomer untuk 1 nama, jadi nomor² yang kesimpan di sim card sama persis dengan yang disimpan di handphone. cuman masalahnya, yang kesimpan di sim card cuman 1/3 dari total contact.
jadi setelah berhasil mentransfer sekitar 76 contact, masih ada 200 an contact yang belum tersimpan di hp baru.
bapak bilang mau ketik 1-1 sekalian biar lancar pegang hp nya. klo mo tega sih dibiarin aja, enak di aku, gak perlu pusing² mikir gimana transfer datanya ehehehe.... tapi kasian banget, jempol bisa bengkak itu ketik manual 200an kontak :D

akhirnya coba export phonebook nokijong pake pc suite, nyoba liat gimana format backup an dari nokia. ternyata bisa di export ke format csv.
akhirnya phonebook dari soner, aku edit sedemikian rupa jadi format csv, sehingga pada akhirnya contact bisa 100% di transfer ke nokijong.

agak pusing waktu edit format nya. secara format csv nokijong dan soner ternyata beda. jadi harus di edit sedikit. waktu aku coba edit pake excel, format nggak dikenali, padahal susunan sudah sama persis.
akhirnya aku editnya pake notepad. pake find and replace dan sedikit manipulasi data, dan akhirnya hasil editanku bisa diterima dengan baik oleh si nokijong...

fyuhh.... kerjaan semi nyekrip pertamaku setelah cuti :D

No comments: